Abstract:
ABSTRAK
Vivi Intan Permata Sari. NIM 13 132 094. Judul Skripsi “Meningkatkan Hafalan Doa Anak Usia Dini Melalui Metode Pembiasaan di TKIT Qurrata A’yun Kecamatan Lima KAUM Kabupaten Tanah Datar”. Program Sarjana Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hafalan doa anak usia dini pada kelompok ikhlas di TKIT Qurrata A’yun, rendahnya hafalan doa anak disebabkan oleh penggunaan metode dalam proses pembelajaran yang kurang menstimulasi anak untuk mampu menghafal doa mensyukuri nikmat dan doa sesudah adzan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan metode pembiasaan dapat meningkatkan hafalan doa anak usia dini. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah anak didik TKIT Qurrata A’yun Kecamatan Lima Kaum Kabupaten Tanah Datar Tahun Pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari delapan kelas. Dalam penelitian ini yang dijadikan sampel adalah kelompok Ikhlas. Perlakuan yang diberikan kepada kelompok eksperimen adalah penerapan metode pembiasaan.
Sebelum Treatment diberikan kepada anak, terlebih dahulu diberikan pretest untuk melihat kemampuan awal anak menghafal doa mensyukuri nikmat dan doa sesudah adzan. Adapun rata-rata hasil pretest kelompok eksperimen adalah 17,38. Setelah pretest dilakukan, kegiatan hafalan doa mensyukuri nikmat dan doa sesudah adzan melalui metode pembiasaan. Selama kegiatan dilakukan terjadi peningkatan hafalan doa anak usia dini di TKIT Qurrata A’yun Kecamatan Lima Kaum Kabupaten Tanah Datar, hal ini terlihat dari hasil posttest yang diberikan dengan rata-rata 18,23
Untuk menguji signifikansi t0 dengan cara membandingkan t0 (“t” hitung) dengan tt (“t” tabel) , pada degrees of freedom (df) atau derajat bebas (db) 20 pada taraf signifikansi 5% tt diperoleh sebesar 2,09. Kemudian dengan membandingkan hasil t0 (“t” hitung) dengan tt (“t” tabel) maka dapat diketahui bahwa t0 lebih besar dari tt, gambarannya sebagai berikut: 4,31 > 2,09. Dengan demikian, berarti terdapat perbedaan yang signifikansi antara pre-test dan posttest pada kelompok sampel. Maka hipotesis alternative (Ha) diterima dan hipotesis nihil (H0) ditolak, artinya metode pembiasaan dapat meningkatkan hafalan doa anak usia dini di TKIT Qurrata A’yun Kecamatan Lima Kaum Kabupaten Tanah Datar.