Abstract:
Silvia Rahma Yenti NIM: 14 105 067, Judul Skripsi “Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining dengan Make A Match untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 3 Batipuh”, Fakultas Tarbiyah, Jurusan Tadris Matematika, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar 2018. Penelitian ini didasarkan pada permasalahan rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa. Siswa belum berani mengungkapkan apa yang dipikirkan karena siswa takut salah dalam berbicara. Selain itu, siswa juga belum mampu mengekspresikan idenya ke dalam tulisan dalam menyelesaikan suatu persoalan. Kemampuan komunikasi merupakan salah satu kemampuan yang harus dicapai oleh siswa melalui pembelajaran matematika. Untuk menyikapi hal tersebut model pembelajaran student facilitator and explaining dengan make a matchdiasumsikan mampu meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.Rumusan masalah dalam penelitian ini ada dua. Pertama, bagaimana kemampuan komunikasi matematis lisan siswa di kelas sampel?. Kedua, apakah terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematis tulisan siswa dengan menerapkanmodel pembelajaran student facilitator and explaining dengan make a match?. Jenis penelitian ini adalah pra eksperimental design, dengan rancangan penelitian one group pretest postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMPN 3 BatipuhTahun Pelajaran 2017/2018 yang terdiri atas dua kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII2sebagai kelas sampel. Data kemampuan komunikasi matematis lisan siswa diperoleh melalui lembar observasi selama proses pembelajaran dengan model pembelajaran student facilitator and explaining dengan make a match. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Sedangkan data kemampuan komunikasi matematistulisan siswa diperoleh dari hasil pretest dan posttest menggunakan NGain. Berdasarkan hasil observasi, kemampuan komunikasi matematis lisan siswa mengalami peningkatan setiap pertemuannya. Sedangkan kemampuan komunikasi matematis tulisan siswa berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil posttest siswa lebih tinggi dari hasil pretest. Dari uji hipotesis diperoleh thitung = 4,4267 dan ttabel = 1,706. Artinya, thitung> ttabel, sehingga hipotesis penelitian diterima. Nilai Ngain yang terdapat dalam penlitian ini yaitu 0,4825 dengan kategori gain ternormalisasi sedang. Jadi, terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematistulisan siswa melalui penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining dengan make a match.