Abstract:
Melinda Zarni, NIM : 14 105 036, Judul Skripsi “Pengembangan Modul Berbasis Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar di SMP N 3 Pariangan”, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar, 2018. Penelitian ini bertolak dari permasalahan yang teridentifikasi dalam pembelajaran matematika di sekolah adalah kurangnya sumber belajar yang memadai. Sumber belajar yang digunakan hanya berupa papan tulis dan spidol serta power point yang kurang menarik. Selain itu buku matematika yang ada jumlahnya tidak sesuai dengan jumlah siswa. Hal ini dapat mempengaruhi kemampuan siswa dalam memahami konsep materi. Untuk mengatasinya, maka perlu adanya suatu media dalam pembelajaran matematika, sehingga dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis pada siswa. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan siswa adalah modul penemuan terbimbing. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan modul berbasis penemuan terbimbing pada materi bangun ruang sisi datar yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan. Rancangan penelitian pengembangan terdiri dari 3 tahap yaitu (1) tahap define, dalam tahap ini dilakukan wawancara dengan guru, menganalisis media, menganalisis literatur modul berbasis penemuan terbimbing, menganalisis tujuan pembelajaran, menganalisis buku teks pelajaran, menganalisis karakter siswa, menganalisis hasil belajar siswa. (2) tahap design, hasil dari tahap define digunakan untuk merancang design modul menggunakan macromedia flash 8. (3) tahap develop, tahap ini adalah lanjutan dari tahap design untuk melihat validitas, praktikalitas dan efektivitas modul penemuan terbimbing pada materi bangun ruang sisi datar. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi, angket respon dan tes. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah validitas menggunakan lembar validasi, praktikalitas menggunakan angket respon siswa, dan efektivitas menggunakan angket respon siswa, tes siswa secara klasikal, dan tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul penemuan terbimbing yang dirancang telah sangat valid dengan hasil validitas yang diperoleh adalah 82,47%. Kemudian modul telah praktis digunakan setelah di uji coba kepraktisannya pada 21 orang siswa kelas VIII SMP N 3 Pariangan dengan hasil praktikalitas 84,52%. Selain itu modul penemuan terbimbing telah efektif digunakan terlihat pada angket respon siswa terhadap pembelajaran dengan nilai 96,97%, dan hasil belajar siswa secara klasikal dengan nilai 95,23%. Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa meningkat sebesar 0,812 dengan kategori tinggi.