Abstract:
MAI AFRINA, NIM: 14 105 035, judul skripsi ”Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Aktivitas Belajar dan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VIII Di SMPN 3 Pariangan”. Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Batusangkar 2018. Penelitian ini didasarkan pada permasalahan rendahnya aktivitas belajar dan kemampuan representasi matematis siswa. Siswa tidak terlibat aktif dalam proses pembelajaran matematika. Begitu juga dengan kemampuan representasi matematis siswa, dalam menyelesaikan soal siswa belum mampu menyajikannya ke dalam bentuk representasi matematis berupa representasi visual atau gambar, representasi simbolik atau ekspresi matematis, maupun menjawab soal dengan membuat langkah-langkah penyelesaiannya dengan kata-kata atau teks tertulis. Rendahnya aktivitas belajar dan kemampuan representasi matematis siswa ini peneliti temukan berdasarkan hasil observasi di SMPN 3 Pariangan dengan melakukan pengamatan proses pembelajaran yang sedang berlangsung serta memberikan tes mengenai kemampuan representasi matematis siswa.Rumusan masalah penelitian ini adalah; 1) Bagaimanakah aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika dengan menerapkan modelProblem Based Learning (PBL) pada kelas VIII di SMPN 3 Pariangan?,2) Apakah kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model PBL lebih baik dari kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model konvensional pada kelas VIII di SMPN 3 Pariangan?. Hipotesis penelitian ini adalah kemampuan representasi matematis siswa dengan menerapkan model PBL lebih baik dari kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional pada kelas VIII di SMPN 3 Pariangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu atau quasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMPN 3 Pariangan tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari tiga kelas. Pengambilan sampel dilakukan degan tehknik Simple Random Sampling dengan cara lotting, yang terambil pertama yaitu kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen dan yang terambil kedua kelas VIII.3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada dua yaitu, lembar observasi aktivitas belajar siswa dan tes kemampuan representasi matematis. Berdasarkan hasil analisis data, aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan model PBL tergolong pada kriteria banyak. Sedangkan ratarata skor kemampuan representasi matematis siswa kelas eksperimen adalah 71 danrata-rata kelas kontrol adalah 59. Dari uji hipotesis diperoleh dengan diperoleh sehingga hipotesis penelitian diterima. Jadi kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model PBL lebih baik dari kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model konvensional pada kelas VIII di SMPN 3 Pariangan.