Abstract:
DEVI ISLY WARNI, NIM. 14 105 010. Judul Skripsi “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VIII di SMP Negeri Se-Kecamatan Sungayang”. Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Batusangkar 2018.
Permasalahan yang ditemukan dalam penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan representasi matematis siswa. Rendahnya kemampuan representasi matematis pada siswa ini disebabkan karena siswa belum mengetahui cara untuk merepresentasikan ide-ide matematisnya. Salah satu solusi yang penulis sarankan adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan representasi matematis siswa kelas VIII di SMP Negeri se-Kecamatan Sungayang dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) dan kemampuan representasi matematis siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment), dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri se-Kecamatan Sungayan yaitu: SMP Negeri 1 Sungayang yang terdiri dari 5 kelas, SMP Negeri 2 Sungayang yang terdiri dari 2 kelas, dan SMP Negeri 3 Sungayang yang terdiri dari 2 kelas. Pengambilan sampel pada penelitian ini diambil secara acak (random sampling), kelas pertama yang terpilih adalah kelas VIII1 SMP Negeri 2 Sungayang yang dijadikan kelas eksperimen dan kelas kedua adalah kelas VIII2 SMP Negeri 2 Sungayang yang dijadikan kelas kontrol. Hipotesis diuji dengan uji-t.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa tes kemampuan representasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) lebih baik dari pada kemampuan representasi matematis siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional.