Abstract:
ASRENA WATI 13 105 009. “PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL (SPLDV) KELAS VIII MTsS MHD BUNGA TANJUNG”. Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar, 2018. Penelitian ini bertolak dari permasalahan yaitu, kurangnya motivasi siswa dalam belajar karena sumber belajar yang kurang dalam proses pembelajaran, dan tingkat soal yang ada didalam buku panduan tingkat kesulitannya terlalu tinggi. Hal tersebut mengakibatkan siswa malas dalam mengikuti pembelajaran matematika sehingga berdampak pada hasil belajar dari siswa. Salah satu cara mengatasi permasalahan tersebut dengan adanya suatu inovasi dalam pembelajaran matematika, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa, seperti penggunaan modul matematika berbasis Problem Based Learning (PBL), dengan diberikannya modul kepada siswa akan membuat pembelajaran yang dilakukan siswa lebih menyenangkan dan tidak membosankan, siswa memahami pesan yang disampaikan dan akan berusaha belajar dengan menggunakan modul baik ada guru ataupun tidak ada guru. Tujuan penelitian untuk mengembangkan modul matematika berbasis Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran matematika yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang terdiri dari 3 tahap yaitu: tahap define (pendefinisian), tahap design (perancangan) dan tahap develop (pengembangan). Instrumen penelitian pengembangan ini menggunakan lembar validasi, angket, dan soal. Modul divalidasi oleh 3 orang validator yaitu 2 orang dosen matematika dan 1 orang guru bidang studi matematika. Pada proses praktikalitas modul matematika di uji cobakan pada siswa kelas VIII MTsS Mhd Bunga Tanjung, untuk melihat praktikalitas dengan uji keterbacaan modul yang dikembangkan. Saat proses efektivitas siswa diberikan soal ulangan harian dan angket respon siswa. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa modul matematika berbasis Problem Based Learning (PBL) yang dirancang sudah valid dengan hasil validitas yang diperoleh adalah 78,27% dengan kriteri valid. Kemudian modul matematika berbasis Problem Based Learning (PBL) telah praktis digunakan setelah di uji coba kepraktisannya pada siswa kelas VIII.A MTsS Mhd Bunga Tanjung, dengan hasil praktikalitas 86,96% denga kriteria sangat praktis. Selain itu modul matematika berbasis Problem Based Learning (PBL) telah efektif digunakan yang terlihat pada hasil tes belajar siswa yaitu 88,89% dari seluruh siswa mendapatkan skor lebih besar dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan, angket respon siswa dengan presentase setiap indikator lebih dari 70%, dimana rata-rata keseluruhan yaitu 91,91%.