Abstract:
Annisa Raihanil Jannah, NIM. 13 105 008, Judul Skripsi “Pengaruh MetodeWritePair-Switch terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Tingkat Kemampuan Kognitif pada Kelas VIII MTsN 9 Tanah Datar”, Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar 2018.
Penelitian ini didasarkan pada permasalahan yang peneliti temukan di kelas VIII MTsN 9 Tanah Datar, dimana kemampuan komunikasi matematis siswa masih rendah. Hal ini ditandai dengan ketika siswa diberikan soal-soal yang berbeda dengan contoh sebelumnya, sebagian siswa akan berhenti bekerja dan lebih memilih untuk diam. Selain itu siswa juga sulit untuk memahami soal dan menghubungkannya dengan konsep matematika lainnya, dan juga siswa merasa kesulitan karena matematika merupakan mata pelajaran yang berganti-ganti topik pada setiap pertemuan tanpa menyadari adanya keterkaitan antara satu topik dengan topik lainnya.Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui apakah kemampuan komunikasi matematis siswa dengan metode pembelajaran WPS lebih baik dari pada kemampuan komunikasi matematis siswa dengan pembelajaran konvensional pada tingkat kemampuan kognitif rendah, sedang dan tinggi serta untuk mengetahui apakah terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan tingkat kemampuan kognitif siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Experiment). Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII MTsN 9 Tanah Datar Tahun Ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel dalam penelitian ini diambil secara simple random sampling terpilih kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen dan VIII.5 sebagai kelas kontrol. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji-tdan ANAVA duajalurdenganbantuanSoftware SPSS.
Berdasarkan hasil analisis data tes,tidak ada siswa yang masuk kategori kemampuan kognitif tinggi sehingga hipotesis penelitian hanya 3,hipotesis pertama menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan metode pembelajaran WPS lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis siswa dengan pembelajaran konvensional pada tingkat kemampuan kognitif rendah dengan hasil uji-t 0,081 pada taraf nyata 0,05. Hipotesis kedua menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan metode pembelajaran WPS lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis siswa dengan pembelajaran konvensional pada tingkat kemampuan kognitif sedang dengan hasil uji-t 0,015 pada taraf nyata 0,05. Selanjutnya hipotesis ketiga menunjukkan bahwa terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan tingkat kemampuan kognitif siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa dengan hasil uji ANAVA dua jalur sebesar 0,001 pada taraf nyata 0,05.