Abstract:
Amira Nurasita Adila, NIM. 13 105 005. Judul Skripsi “Penerapan ACTIVE LEARNING DENGAN METODE INFORMATION SEARCH DAN CROSSWORD PUZZLE terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X IPA di SMA N 1 SUNGAI LIMAU Kabupaten Padang Pariaman”. Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Batusangkar (IAIN) Batusangkar 2018. Pokok permasalahan yang di temukan dalam penelitian ini adalah kemampuan pemahaman konsep matematis siswa masih rendah. Selain kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang masih rendah, mengakibatkan aktivitas belajar siswa juga masih rendah, seperti kurangnya keinginan siswa dalam mengerjakan soal latihan, kurang aktifnya siswa dalam proses pembelajaran. Hal ini dipengaruhi oleh model dan strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru masih teacher center. Salah satu solusi yang peneliti sarankan adalah pembelajaran dengan Model Pembelajaran active learning dengan metode information search dan crossword puzzle. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menerapkan model pembelajaran active learning dengan metode information search dan crossword puzzle lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional di kelas X IPA SMAN 1 Sungai Limau. Jenis penelitian ini adalah penelitian true eksperimen (eksperimen murni) dengan rancangan penelitian Randomized Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X IPA SMAN 1 Sungai Limau tahun 2017/2018 yang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel dalam penelitian ini di ambil secara acak (random), kelas yang terambil pertama adalah kelas X IPA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas terambil kedua adalah kelas X IPA 4 sebagai kelas kontrol. Hipotesis diuji dengan uji-t . Berdasarkan hasil analisis data yang diolah dengan uji t yaitu harga thitung > ttabel yaitu 1,9663 > 1,67 sehingga H0 ditolak. Hasil analisis juga menunjukkan nilai ratarata kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol yaitu 65,9259 > 53,6333. Jadi dapat disimpulkan bahwa tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menerapkan model pembelajaran active learning dengan metode information search dan crossword puzzle lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional.