Abstract:
Ajrol Muhsinin, NIM: 14 105 003, Judul Skripsi “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw disertai Resume Kelompok Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas IX SMP N 2 Sungai Tarab”, Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar 2018.
Penelitian ini didasarkan pada permasalahan rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Kemampuan pemahaman konsep merupakan salah satu kemampuan yang harus dicapai oleh siswa melalui pembelajaran matematika, untuk menyikapi hal tersebut model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw disertai resume kelompok diasumsikan mampu meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw disertai resume kelompok.
Jenis penelitian ini adalah pra eksperimental design, dengan rancangan penelitian one group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IX SMP N 2 Sungai Tarab Tahun Pelajaran 2018/2019 yang terdiri atas dua kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX A. Data kemampuan pemahaman konsep matematis siswa diperoleh dari hasil pretest dan posttest menggunakan N-Gain.
Berdasarkan hasil analisis data, terdapat peningkatan yang signifikan terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw disertai resume kelompok dengan NGain kategori sedang.