Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan keterampilan berbicara anak usia 4-5 tahun di Kelompok Bermain Gandang Saliguri Tabek Kecamatan Pariangan sebagai akibat pembelajaran yang dilakukan berpusat pada guru, menyebabkan kurangnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, sehingga dalam aspek perkembangan keterampilan pengucapan anak, aspek perkembangan keterampilan pengembangan kosa kata anak dan aspek perkembangan keterampilan pembentukan kalimat anak rata-rata baru mulai bisa bahkan ada yang tidak bisa. Salah satu metode yang dapat digunakan agar siswa bisa terlibat aktif untuk melatih kemampuan berbicara anak dalam aspek pengucapan, pengembangan kosa kata dan pembentukan kalimat adalah dengan menggunakan metode pembelajaran bernyanyi.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah peningkatan kemampuan keterampilan berbicara anak usia 4-5 tahun dengan menerapkan Metode bernyanyi dibangdingkan dengan keterampilan berbicara anak usia 4-5 tahun sebelum mterapkan metode bernyanyi.
Tujuan diadakan penelitian adalah untuk mengetahui apakah keterampilan berbicara anak dengan menggunakan metode bernyanyi lebih baik dari pada keterampilan berbicara anak sebelum diterapkannya metode bernyanyi di Kelompok Bermain Gandang Saliguri Tabek. Penelitian ini peneliti lakukan dengan melakukan tiga kali treatment pada hari Senin 25 Juli 2016, Rabu 27 Juli 2016 dan Jum’at 29 Juli 2016.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field Research), dengan metode penelitian eksperimen dan menggunakan rancangan penelitian the one group pretest – posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa KB Gandang Saliguri Tabek tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari satu kelas. Sampelnya yaitu siswa yang berusia 4-5 tahun. Data hasil keterampilan berbicara diperoleh dari tes akhir sampel yaitu hasil belajar sebelum diterapkan metode bernyanyi dengan data hasil setelah diterapkannya metode bernyanyi.
Hasil penelitian dapat digambarkan secara umum, bahwa menerapkan kegiatan metode bernyanyi untuk pembelajaran anak yang berusia 4-5 tahun dapat meningkatkan keterampilan berbicara anak. Dalam penelitian ini, aspek perkembangan keterampilan berbicara anak pada aspek pengucapan mengalami peningkatan 9,3%, pada aspek pengembangan kosa kata mengalami peningkatan 11,04% dan pada aspek peningkatan kosa kata mengalami peningkatan sebanyak 6,88% serta secara keseluruhan keterampilan berbicara anak setelah diterapkannya metode bernyanyi mengalami peningkatan sebanyak 82 % dengan selisih rata-rata sebanyak 10,91.