Abstract:
YOLANDA, NIM 14 232 078 (2018), Judul Skripsi “Strategi dan Kendala Pemasaran Pembiayaan Murabahah pada KSPPS Al-Anshari Bukittinggi”. Jurusan Ekonomi Syariah Konsentrasi Manajemen Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya penerapan strategi pemasaran pembiayaan Murabahah yang dilakukan oleh KSPPS Al-Anshari sehingga menyebabkan terjadinya penurunan jumlah nasabah pada KSPPS AlAnshari tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran dan kendala strategi pemasaran pembiayaan murabahah yang dilakukan oleh KSPPS Al-Anshari dengan menerapkan Marketing mix. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research. Penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah wawancara langsung dan dokumentasi. Data yang penulis gunakan adalah data primer yang penulis dapatkan secara langsung dari Account Officer serta karyawan/karyawati KSPPS Al-Anshari Bukittinggi. Penulis juga menggunakan data sekunder yang didapatkan dari catatan arsip pembiayaan KSPPS Al-Anshari Bukittinggi. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan, maka strategi pemasaran pembiayaan Murabahah yang dilakukan KSPPS Al-Anshari dengan menggunakan Marketing mix yaitu dengan memperhatikan unsur 4P yakni Produk (product) KSPPS Al-Anshari menawarkan produk keuangan syariah yang meliputi funding (pendanaan), lending (pembiayaan), dan jasa lainnya. Harga (price) ketentuan alokasi perhitungan pembagian keuntungan pada KSPPS AlAnshari mengacu kepada perjanjian kerja sama antara BAZ dengan Bank Syariah Mandiri No 38 tahun 2009 yang diketahui oleh Pimpinan Bank Syariah Mandiri dan Walikota Bukittinggi. Lokasi (place) lokasi KSPPS Al-Anshari Bukittinggi tidak jauh dari pusat kota, sehingga akan memberikan kemudahan kepada calon nasabah untuk menuju KSPPS Al-Anshari Bukittinggi. Promosi (promation) kegiatan promosi yang dilakukan KSPPS Al-Anshari Bukittinggi tidak menggunakan media-media khusus seperti brosur, spanduk, baliho, dan iklan. Promosi yang dilakukan KSPPS Al-Anshari Bukittinggi lebih mengarah kepada kegiatan pendekatan secara langsung kepada masyarakat calon nasabah dan dilakukan secara langsung oleh tenaga pemasaran KSPPS Al-Anshari Bukittinggi. Sedangkan kendala yang ditemukan oleh KSPPS Al-Anshari sehingga mempengaruhi kegiatan pemasaran yang dilakukan adalah perikatan yang belum jelas, adanya permintaan pengajuan dana yang tidak disetujui pendamping, adanya calon masyarakat pontensial produktif (MPP) yang tidak terlayani, biaya operasional yang belum jelas serta adanya masalah internal perusahaan