Abstract:
INDAH MULYATI, NIM. 14 232 032. Judul SKRIPSI “Pengaruh harga, iklan, kualitas produk terhadap keputusan pembelian smartphone oppo pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Batusangkar”. Jurusan Ekonomi Syariah Konsentrasi Manajemen Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Batusangkar.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah seberapa besar pengaruh harga, iklan, kualitas produk terhadap keputusan pembelian smartphone oppo pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Batusangkar. Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui pengaruh signifikan harga, iklan, kualitas produk terhadap keputusan pembelian smartphone oppo pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Batusangkar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan field research atau dengan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Batusangkar. Sampel yang diambil sebanyak 84 responden. Teknik analisis data menggunakan uji analisis regresi linear berganda, uji hipotesis dan uji t. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Hal ini dapat dilihat pada uji hipotesis dimana variabel kualitas produk mempunyai pengaruh yang lebih dominan terhadap keputusan pembelian dengan hasil yang diperoleh pada variabel kualitas produk thitung 10.417 > ttabel 1.989 sehingga Ha3 diterima. Pada variabel harga memiliki thitung -584 < ttabel 1.989 sehingga Ha1 ditolak dan pada variabel iklan memiliki thitung 1.737 < ttabel 1.989 sehingga Ha2 ditolak. Sedangkan secara bersama-sama harga, iklan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan hasil yang diperoleh Fhitung > Ftabel sehingga Ha4 diterima dengan pengaruhnya sebesar 57.7% sedangkan sisanya sebesar 42.3 % dipengaruhi oleh variabel lainnya di luar variabel dalam penelitian ini.