Abstract:
LAILAN NAJMI, NIM 14 108 053, judul skripsi “Gambaran Kemandirian Belajar Siswa ditinjau dari Urutan Kelahiran di SMP N 3 Pariangan Kelas VII Dan VIII Tahun Ajaran 2017/2018”. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Bimbingan Konseling, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah kemandirian belajar siswa yang berbeda-beda berdasarkan urutan kelahirannya di kelas VII dan VII, sebagian siswa sebagai anak sulung dituntut mandiri dalam belajar agar dijadikan contoh oleh orang tua sedangkan anak kedua berusaha menyaingi anak sulung, anak bungsu tidak bisa mengerjakan tugas tanpa ada bantuan orang lain dan anak tunggal cenderung tidak dapat mengerjakan tugas karena tidak ada teman berbagi dalam kehidupan sehari-harinya. Penelitian ini ditujukan kepada siswa SMP N 3 Pariangan kelas VII dan VIII dengan sampel sebanyak 120 orang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat gambaran kemandirian belajar siswa ditinjau dari urutan kelahiran. Batasan masalah dalam penelitian ini adalah Gambaran Kemandirian Belajar Siswa ditinjau dari Urutan Kelahiran di SMP N 3 Pariangan. Adapun rumusan dalam penelitian ini adalah Seperti Apakah Gambaran Kemandirian Belajar Siswa ditinjau dari Urutan Kelahiran di SMP N 3 Pariangan? Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket tertutup dengan skala Likert. Alternatif jawaban dalam angket ini adalah “selalu, sering, kadang-kadang,jarang dan tidak pernah”. Analisis data yang digunakan adalah rumus persentase. Hasil penelitian dapat dilihat bahwa kemandirian belajar siswa ditinjau dari urutan kelahiran di SMP N 3 Pariangan kelas VII dan VIII berada pada kategori sangat tinggi, tinggi, sedang dan rendah. Kategori sangat tinggi ini berada pada posisi anak kedua, kategori tinggi berada pada posisi anak sulung, kategori sedang berada pada posisi anak tunggal dan kategori rendah berada pada posisi anak bungsu.