Abstract:
Fadhilatul Jannah. NIM 13.108.049, (2018) judul Skripsi: Efektivitas Konseling Kelompok dalam Meningkatkan Resiliensi Siswa Terhadap Tindakan Bullying Di SMA Islam Raudhatul Jannah Payakumbuh, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Bimbingan dan Konseling Institut Agama Islam Negeri Batusangkar.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa yang memiliki resiliensi yang rendah terhadap tindakan bullying di sekolah. Resiliensi merupakan suatu kemampuan yang dimiliki individu dalam menghadapi setiap kondisi yang tidak menyenangkan dan mampu bertahan dalam kondisi tersebut. Sikap resiliensi perlu dimiliki oleh siswa, salah satunya siswa yang mengalami tindakan bullying. Sikap resilien dapat membantu siswa dalam bertahan dan melibatkan diri secara aktif di sekolah guna mendorong perkembangan yang positif dan menghindari perilaku yang negatif meskipun mengalami tindakan yang tidak menyenangkan dari teman-temannya.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Pre-Eksperiment dengan tipe one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Islam Raudhatul Jannah Payakumbuh yang terdaftar tahun ajaran 2018/2019, teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah teknik purposive sampling yakni dengan pertimbangan tertentu, pertimbangan peneliti ialah siswa yang teridentifikasi tidak resilien terhadap tindakan bullying dengan jumlah 9 orang sampel.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling kelompok efektif dalam meningkatkan resiliensi siswa terhadap tindakan bullying. Hal ini dibuktikan dengan skor hasil posttest mengalami peningkatan setelah diberikan treatment melalui konseling kelompok. Artinya t0ett sehingga Ha yang menyatakan konseling kelompok efektif dalam meningkatkan resiliensi siswa terhadap tindakan bullying diterima dan H0 yang menyatakan bahwa konseling kelompok tidak efektif dalam meningkatkan resiliensi siswa terhadap tindakan bullying ditolak.