Abstract:
SISKA UTAMI, NIM: 14 202 163, dengan Judul Skripsi “Penerapan Bauran Pemasaran Produk Tabungan Mudharabah pada BMT At-Taqwa Muhammadiayah Cabang Lubuk Buaya Padang” Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Dalam penulisan skripsi ini yang menjadi permasalahan adalah strategi pemasaran produk tabungan mudharabah yang diterapkan oleh BMT At-Taqwa Muhammadiyah Cabang Lubuk Buaya Padang dan bentuk pelaksanaan yang dilakukan oleh BMT At-Taqwa Muhammadiyah Cabang Lubuk Buaya Padang. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bauran pemasaran produk tabungan Mudharabah pada BMT At-Taqwa Muhammadiyah Cabang Lubuk Buaya Padang dan bentuk pelaksanaannya, Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan metode komparatif yang menjelaskan tentang strategi bauran pemasaran dan bentuk pelaksanaan produk tabungnan mudharabah pada BMT At-Taqwa Muhammadiayah Cabang Lubuk Buaya Padang. Berdasarkan hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa, strategi pemasaran dan bentuk pelaksanaan produk tabungan mudharabah pada BMT At-Taqwa Muhammadiyah Cabang Lubuk Buaya Padang adalah Pertama dari strategi produk yaitu menciptakan kemasan. Kedua strategi harga yaitu mulai dari pembukaan rekening Tabungan Mudharabah setoran awalnya minimal Rp.10.000,-. Sedangkan untuk setoran selanjutnya minimal Rp 10.000,- dan sisa saldo minimal Tabungan Mudharabah adalah sebesar Rp.10.000,-. Ketiga strategi distribusi yaitu dengan letak yang strategis yaitu di tepi jalan raya sehingga memudahkan masyarakat untuk mengakses langsung BMT At-Taqwa Muhammadiyah Cabang Lubuk Buaya Padang. Keempat strategi promosi yaitu melalui media masa, personal selling, maintanance nasabah, dan promosi-promosi kecil. Adapun bentuk pelaksanaannya yaitu pertama Pembukaan rekening tabungan mudharabah, kedua Penyetoran dan penarikan tabungan, ketiga penutupan rekening tabungan.