Abstract:
Uliya Safitri, NIM, 14 108 121, judul skripsi: Efektivitas Pendekatan Konseling Realitas Setting Kelompok terhadap Penyesuaian Diri Siswa Asrama Kelas VII SMP-QU Cahaya Al-Qur’an Padang Panjang. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan jurusan Bimbingan dan Konseling Institut Agama Islam Negeri Batusangkar, 2019. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah rendahnya penyesuaian diri siswa asrama di SMP-QU Cahaya Al-Qur‟an Padang Panjang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat efektivitas pendekatan konseling realitas setting kelompok terhadap penyesuaian diri siswa asrama. Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan menggunakan metode eksperiment dengan jenis PreExsperimental design dengan tipe The One Group Pretest-posttest Design. Sampel penelitian 10 orang siswa asrama menjadi kelompok eksperiment dengan teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: (1) Terdapat peningkatan penyesuaian diri siswa asrama setelah diberikan treatment pendekatan konseling realitas setting kelompok dengan nilai rata-rata pretest 80,3 point berada pada kategori kurang mampu dan nilai rata-rata posttest 105,9 point pada kategori mampu dengan selisih point 25,6. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan pendekatan konseling realitas setting kelompok terhadap penyesuaian diri siswa asrama dengan nilai tt 2,26 < to 8,05. Peneliti merekomendasikan kepada guru Bimbingan dan Konseling untuk dapat menerapkan pendekatan konseling realitas setting kelompok terhadap penyesuian diri siswa asrama.