Abstract:
Debi Oriandana, NIM. 14 108 018, Judul Skripsi: “EFEKTIFITAS LAYANAN PENGUASAAN KONTEN MENGGUNAKAN METODE SQ4R UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA DI SMPN 2 KEC. HARAU, KAB. LIMA PULUH KOTA”. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar 2019.
Masalah pokok dalam penelitian ini adalah kurangnya keterampilan siswa dalam membaca terlihat dari kebiasaan siswa dalam membaca yang asal-asalan dalam membaca, siswa hanya menghafal konsep dan kurang mampu menggunakan konsep tersebut, hal tersebut menyebabkan siswa mengalami kekeliruan dalam mengenal kata dan makna dari suatu bacaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas layanan penguasaan konten menggunakan metode SQ4R untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa di SMPN 2 Kec. Harau Kab. Lima Puluh Kota
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah instrument tes. Analisis data yang digunakan adalah pengolahan statistik memakai model eksperimen pre-experimental design dengan tipe one group pretest-posttest design. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 29 orang siswa dengan teknik total sampling
Pengolahan data tentang peningkatan keterampilan membaca melalui layanan penguasaan konten menggunakan metode SQ4R, hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan membaca melalui layanan penguasaan konten menggunakan metode SQ4R terbukti “t” hitung lebih besar dari “t” tabel, ini berarti hipotesa alternatif (Ha) diterima dan hipotesa nihil (H0) ditolak, berarti ada peningkatan keterampilan membaca siswa melalui layanan penguasaan konten menggunakan metode SQ4R