Abstract:
PERTIWI. NIM 13 108 102. Judul skripsi: “ Efektifivitas Konseling Realitas Format Klasikal untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas VIII MTsN 10 Agam”. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Batusangkar. Pokok permasalahan dalam skripsi ini tentang rendahnya kemandirian belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat efektifivitas konseling realitas format klasikal untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas VIII MTsN 10 Agam. Kemandirian belajar diantaranya 1) metakognitif, 2) memotivasi diri, 3) perilaku aktif. Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan jenis desain pre-eksperimental design, tipe one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini 74 orang siswa yang terdiri dari tiga kelas, sedangkan sampel sebanyak 31 orang, atas pertimbangan kemandirian belajar yang rendah. Analisis data yang dilakukan yaitu uji- t dan N- gain. Hasil berdasarkan analisis uji-t didapatkan bahwa hipotesisi alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nihil (H0) ditolak, ini berarti konseling realitas format klasikal efektif untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa. Hasil uji pengaruh menggunakan N-gain diketahui bahwa pengaruh konseling realitas format klasikal untuk meningkatkan kemandirian belajar berada pada kategori sedang