Publikasi IAIN Batusangkar

PAI302-MANAJEMEN KELAS (2 SKS) 3 18-PAI-D ROMI MAIMORI, S.AG., M.PD L3.2, Kamis, 07.15 s.d 08.55 2019/2020

PAI302-MANAJEMEN KELAS (2 SKS) 3 18-PAI-D ROMI MAIMORI, S.AG., M.PD L3.2, Kamis, 07.15 s.d 08.55 2019/2020

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Jurusan PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Kode Matakuliah PAI302
Nama Matakuliah MANAJEMEN KELAS
Semester 3
SKS 2 sks
Pengampu Perkuliahan ROMI MAIMORI, S.AG., M.PD
Peserta Perkuliahan 15300100099 - RUDI AFRIMEN PUTRA,
1630101113 - RETNO GUSTI ANGGRAINI,
1830101027 - SISKA OKTAVIANI,
1830101119 - A. IRVANDI SAPUTRA,
1830101120 - AHMAD DIAN LUFIANTO,
1830101122 - CHELSIE APRILIA,
1830101123 - DODI AHMAT MAULANA,
1830101125 - EGI KURNIAWAN,
1830101129 - FUJI HOLIQA SAFNI,
1830101130 - HANI PERMATA TAMBUNAN,
1830101132 - INDRI RONA PUTRI,
1830101133 - KIKI ALIDA YAHYA,
1830101134 - LINA APRI YANA,
1830101135 - MERIANA,
1830101136 - NADIA RAHMA DINI,
1830101137 - NEFRI YANTI,
1830101138 - NIDIA PUTRI ANGGUN,
1830101139 - NISA ADRIANA,
1830101140 - PATMAWATI,
1830101141 - PUTRI ZULIA TISA,
1830101142 - RAJU HIDAYAT,
1830101143 - RANI RAPISTA,
1830101144 - RAZILA EVA YULIANTI,
1830101145 - RESTU OKTAVIANI,
1830101146 - RILLA SESWANTI,
1830101148 - SHELLA PRADINA PUTRI,
1830101150 - SRI WAHYUNI,
1830101151 - SRIHIDA YATI,
1830101152 - TUNIA,
1830101153 - VIRA DAVARIA PUTRI,
1830101154 - VONNY AULIA OCTAVIANNY,
1830101156 - WINDI INTAN SARI

2. Deskripsi Pembelajaran

Menghasilkan mahasiswa yang berkompeten melalui teori-teori manajemen kelas

3. Capaian / Kompetensi

Mahasiswa mampu menguasai konsep-konsep tentang Manajemen Kelas baik secara teoritis maupun praktis, dan agar mahasiswa mampu mengelola kelas dan mampu menciptakan kelas kondusif dalam proses pembelajaran di kelas

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar
1 Mahasiswa mampu mengetahui tentang deskripsi umum mata kuliah Manajemen Kelas Pertemuan ke 1, topik pembahasan tentang Kontrak perkuliahan, Deskripsi mata kuliah Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
2 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan tentang Konsep Dasar manajemen Kelas Pertemuan ke 2, topik pembahasan tentang Konsep Dasar Manajemen Kelas Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
3 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan tentang Konsep guru dalam Manajemen Kelas Pertemuan ke 3, topik pembahasan tentang Guru dalam Manajemen Kelas Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
4 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan tentang Differensiasi Individu Siswa sebagai dasar Manajemen Kelas Pertemuan ke 4, topik pembahasan tentang Differensiasi Individu Siswa sebagai dasar Manajemen Kelas Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
5 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan tentang Pendekatan-Pendekatan dalam Manajemen Kelas Pertemuan ke 5, topik pembahasan tentang Pendekatan-Pendekatan dalam Manajemen Kelas Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
6 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan tentang Membangun Komitmen dalam Manajemen Kelas Pertemuan ke 6, topik pembahasan tentang Membangun Komitmen dalam Manajemen Kelas Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
7 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan tentang Menciptakan Kelas Kondusif secara Fisik dan Non Fisik Pertemuan ke 7, topik pembahasan tentang Menciptakan Kelas Kondusif secara Fisik dan Non Fisik Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
8 Mahasiswa mampu menyelesaikan soal tes Tengah Semester Pertemuan ke 8 : UTS Mengerjakan soal UTS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
9 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan tentang Masalah-Masalah dalam Manajemen Kelas Pertemuan ke 9, topik pembahasan tentang Masalah-Masalah dalam Manajemen Kelas Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
10 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan tentang Strategi Penyelesaian Masalah dalam Manajemen Kelas Pertemuan ke 10, topik pembahasan tentang Strategi Penyelesaian Masalah dalam Manajemen Kelas Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
11 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan tentang Skenario Pembelajaran untuk Praktek Mengajar Pertemuan ke 11, topik pembahasan tentang Menyusun Skenario Pembelajaran untuk Praktek Mengajar Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
12 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan tentang Manajemen Kelas Berbasis Teacher Centered Pertemuan ke 12, topik pembahasan tentang Manajemen Kelas Berbasis Teacher Centered Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
13 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan tentang Manajemen Kelas Berbasis Student Centered Pertemuan ke 13, topik pembahasan tentang Manajemen Kelas Berbasis Student Centered Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
14 Mahasiswa mampu mempraktekkan Manajemen Kelas Berbasis Teacer Centered Pertemuan ke 14, Praktek Manajemen Kelas Berbasis Teacher Centered Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
15 Mahasiswa mampu Mempraktekkan Manajemen Kelas Berbasis Student Centered Pertemuan ke 15, Praktek Manajemen Kelas Berbasis Student Centered Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
16 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pertemuan ke 16 : UAS Mengerjakan soal UAS Menjawab soal ujian Akhir Semester 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya

5. Daftar Rujukan

  1. KONSEP DASAR MANAJEMEN KELAS - - -2018
  2. MEMBANGUN KOMITMEN DALAM MANAJEMEN KELAS - - -2018
  3. MENCIPTAKAN KELAS KONDUSIF (FISIK DAN NON FISIK) - - -2018
  4. DIFFERENSIASI INDIVIDU SISWA SEBAGAI DASAR MANAJEMEN KELAS - - -2018
  5. PENDEKATAN-PENDEKATAN DALAM MANAJEMEN KELAS - - -2018
  6. MASALAH-MASALAH DALAM MANAJEMEN KELAS - - -2018
  7. GURU DALAM MANAJEMEN KELAS - - -2018






News

Artefak perkuliahan Matakuliah: PAI302-MANAJEMEN KELAS (2 SKS), Semester: 3 18-PAI-D, Dosen : ROMI MAIMORI, S.AG., M.PD, Ruang: L3.2, Hari: Kamis, 07.15 s.d 08.55, Tahun Akademik: 2019/2020, Jurusan: PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Pengunggahan Barusan