Fakultas | Tarbiyah dan Ilmu Keguruan |
Jurusan | PENDIDIKAN AGAMA ISLAM |
Kode Matakuliah | PAI302 |
Nama Matakuliah | MANAJEMEN KELAS |
Semester | 3 |
SKS | 2 sks |
Pengampu Perkuliahan | ROMI MAIMORI, S.AG., M.PD |
Peserta Perkuliahan | 15300100099 - RUDI AFRIMEN PUTRA, 1630101113 - RETNO GUSTI ANGGRAINI, 1830101027 - SISKA OKTAVIANI, 1830101119 - A. IRVANDI SAPUTRA, 1830101120 - AHMAD DIAN LUFIANTO, 1830101122 - CHELSIE APRILIA, 1830101123 - DODI AHMAT MAULANA, 1830101125 - EGI KURNIAWAN, 1830101129 - FUJI HOLIQA SAFNI, 1830101130 - HANI PERMATA TAMBUNAN, 1830101132 - INDRI RONA PUTRI, 1830101133 - KIKI ALIDA YAHYA, 1830101134 - LINA APRI YANA, 1830101135 - MERIANA, 1830101136 - NADIA RAHMA DINI, 1830101137 - NEFRI YANTI, 1830101138 - NIDIA PUTRI ANGGUN, 1830101139 - NISA ADRIANA, 1830101140 - PATMAWATI, 1830101141 - PUTRI ZULIA TISA, 1830101142 - RAJU HIDAYAT, 1830101143 - RANI RAPISTA, 1830101144 - RAZILA EVA YULIANTI, 1830101145 - RESTU OKTAVIANI, 1830101146 - RILLA SESWANTI, 1830101148 - SHELLA PRADINA PUTRI, 1830101150 - SRI WAHYUNI, 1830101151 - SRIHIDA YATI, 1830101152 - TUNIA, 1830101153 - VIRA DAVARIA PUTRI, 1830101154 - VONNY AULIA OCTAVIANNY, 1830101156 - WINDI INTAN SARI |
Menghasilkan mahasiswa yang berkompeten melalui teori-teori manajemen kelas
Mahasiswa mampu menguasai konsep-konsep tentang Manajemen Kelas baik secara teoritis maupun praktis, dan agar mahasiswa mampu mengelola kelas dan mampu menciptakan kelas kondusif dalam proses pembelajaran di kelas
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Mahasiswa mampu mengetahui tentang deskripsi umum mata kuliah Manajemen Kelas | Pertemuan ke 1, topik pembahasan tentang Kontrak perkuliahan, Deskripsi mata kuliah | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
2 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan tentang Konsep Dasar manajemen Kelas | Pertemuan ke 2, topik pembahasan tentang Konsep Dasar Manajemen Kelas | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
3 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan tentang Konsep guru dalam Manajemen Kelas | Pertemuan ke 3, topik pembahasan tentang Guru dalam Manajemen Kelas | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
4 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan tentang Differensiasi Individu Siswa sebagai dasar Manajemen Kelas | Pertemuan ke 4, topik pembahasan tentang Differensiasi Individu Siswa sebagai dasar Manajemen Kelas | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
5 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan tentang Pendekatan-Pendekatan dalam Manajemen Kelas | Pertemuan ke 5, topik pembahasan tentang Pendekatan-Pendekatan dalam Manajemen Kelas | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
6 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan tentang Membangun Komitmen dalam Manajemen Kelas | Pertemuan ke 6, topik pembahasan tentang Membangun Komitmen dalam Manajemen Kelas | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
7 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan tentang Menciptakan Kelas Kondusif secara Fisik dan Non Fisik | Pertemuan ke 7, topik pembahasan tentang Menciptakan Kelas Kondusif secara Fisik dan Non Fisik | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
8 | Mahasiswa mampu menyelesaikan soal tes Tengah Semester | Pertemuan ke 8 : UTS | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
9 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan tentang Masalah-Masalah dalam Manajemen Kelas | Pertemuan ke 9, topik pembahasan tentang Masalah-Masalah dalam Manajemen Kelas | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
10 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan tentang Strategi Penyelesaian Masalah dalam Manajemen Kelas | Pertemuan ke 10, topik pembahasan tentang Strategi Penyelesaian Masalah dalam Manajemen Kelas | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan tentang Skenario Pembelajaran untuk Praktek Mengajar | Pertemuan ke 11, topik pembahasan tentang Menyusun Skenario Pembelajaran untuk Praktek Mengajar | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
12 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan tentang Manajemen Kelas Berbasis Teacher Centered | Pertemuan ke 12, topik pembahasan tentang Manajemen Kelas Berbasis Teacher Centered | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
13 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan tentang Manajemen Kelas Berbasis Student Centered | Pertemuan ke 13, topik pembahasan tentang Manajemen Kelas Berbasis Student Centered | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
14 | Mahasiswa mampu mempraktekkan Manajemen Kelas Berbasis Teacer Centered | Pertemuan ke 14, Praktek Manajemen Kelas Berbasis Teacher Centered | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
15 | Mahasiswa mampu Mempraktekkan Manajemen Kelas Berbasis Student Centered | Pertemuan ke 15, Praktek Manajemen Kelas Berbasis Student Centered | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
16 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pertemuan ke 16 : UAS | Mengerjakan soal UAS | Menjawab soal ujian Akhir Semester | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya |
Artefak perkuliahan Matakuliah: PAI302-MANAJEMEN KELAS (2 SKS), Semester: 3 18-PAI-D, Dosen : ROMI MAIMORI, S.AG., M.PD, Ruang: L3.2, Hari: Kamis, 07.15 s.d 08.55, Tahun Akademik: 2019/2020, Jurusan: PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar