Abstract:
Nola Meliasni. NIM 15 300 600 042. Judul Skripsi: “PENERAPAN
MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM DALAM
PEMBELAJARAN BIOLOGI DI KELAS XI SMA N 1 RAMBATAN”.
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Biologi Institut Agama
Islam Negeri (IAIN) Batusangkar 2019.
Pembelajaran biologi merupakan mata pelajaran yang bersifat abstrak
sehingga siswa menjadi sulit untuk dapat melihat secara nyata apa yang sedang di
pelajari. Jika dalam pembelajaran menggunakan media yang bergerak maka siswa
akan lebih aktif dan tertarik serta dapat memahami pembelajaran tersebut. Selain
itu kurangnya pengetahuan awal siswa tentang materi yang akan di pelajari.
Sehingga hal ini mengakibatkan siswa kurang paham dengan pembelajaran yang
telah mereka lakukan.
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa
dalam pembelajaran biologi dengan menerapkan model pembelajaran flipped
classroom lebih baik dari pada hasil belajar siswa dengan menerapkan model
pembelajaran konvensional di kelas XI SMA N 1 Rambatan. Jenis penelitian ini
adalah True Eksperimen, dengan rancangan randomized control group posttest
only design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMA N 1
Rambatan sebanyak 3 kelas yang terdiri dari 92 orang siswa. Pengambilan sampel
dilakukan dengan teknik simple random sampling, sampel yang terpilih adalah
kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas
kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar
pada ranah kognitif yang terdiri dari tes objektif sebanyak 30 soal.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa hasil
belajar biologi siswa kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran
flipped classroom lebih baik dari pada kelas kontrol yang menggunakan model
pembelajaran konvensional.