Abstract:
NELI AGUSTIN, NIM. 14 106 047, Judul Skripsi: “Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Giving Question and Getting Answers pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Kelas VIII di MTsN 2 Tanah Datar”. Jurusan Tadris Biologi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Batusangkar 2018. Permasalahan dalam penelitian ini berkaitan dengan rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran Biologi. Hal ini disebabkan berbagai faktor diantaranya, strategi yang digunakan dalam proses pembelajaran belum mengoptimalkan partisipasi, kemandirian dan keaktifan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe giving question and getting answer pada materi sistem ekskresi manusia kelas VIII di MTsN 2 Tanah Datar lebih baik dari pada hasil belajar siswa dengan menggunakan metode ceramah. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu, dengan rancangan penelitian posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di MTsN 2 tanah datar yang terdiri dari 2 kelas. Pengambilan sampel yang dilakukan dengan teknik total sampling, sampel yang terpilih adalah kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimne dan kelas VIII.2 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen adalah 79.53 dengan persentase ketuntasan 88.25% dan rata-rata hasil belar siswa pada kelas kontrol adalah 66.75 dengan persentase ketuntasan 37.5%. Uji hipotesis dilakukan dengan uji-t dari perhitungan diperoleh thitung=2.576 sedangkan ttabel=1.696 pada taraf nyatanya =0,05. Karena thitung> ttabel sehingga H1 diterima dan H0 ditolak, dengan demikian hasil belajar Biologi siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe giving question and getting answers lebih baik dari hasil belajar Biologi siswa dengan menerapkan metode ceramah.