Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh: (1) Proses pembelajaran yang masih berpusat kepada guru, (2) Penerapan model pembelajaran yang kurang bervariasi dan belum sesuai dengan materi yang akan diajarkan, (3) Rendahnya aktivitas belajar siswa, yang dibuktikan dengan kurang aktif dan berpartisipasinya siswa dalam proses pembelajaran, (4) kurangnya kerjasama antar siswa selama proses pembelajaran, dan (5) Rendahnya hasil belajar biologi siswa yang ditandai dengan rendahnya presentase pencapaian KKM oleh siswa yang dilihat dari nilai hasil ujian semester genap siswa kelas VII tahun ajaran 2015/2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran biologi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe buzz group berbantuan student worksheet. Hipotesis penelitian ini adalah hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe buzz group berbantuan student worksheet lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar dalam pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 2 Sungayang.
Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian berupa Randomized Control Group Only Desing, penentuan kelas sampel ditentukan melalui teknik Random Sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Sungayang Kabupaten Tanah Datar yang berjumlah 69 orang siswa. Sampel penelitian adalah 2 kelas yaitu kelas VIII3 yang terdiri dari 23 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII2 berjumlah 23 siswa sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil tes akhir pada kedua kelas sampel, dan tes akhirnya berupa test objektif sebanyak 40 butir soal.
Hasil penelitian pada aktivitas belajar siswa berdasarkan hasil observasi menunjukkan aktivitas belajar siswa yaitu Oral activities, listening activities, writing activities, drawing activities, motor activities, dan mental activities mengalami peningkatan dari pertemuan pertama kepada pertemuan kedua. Presentase pertemuan pertama 48% dengan kriteria sedikit, dan pertemuan kedua 68,7% dengan kriteria banyak. Peningkatan presentase aktivitas yang terjadi adalah sebesar 20,7%.
Hasil penelitian pada hasil belajar siswa menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen dan kontrol adalah 75,435 dan 69,783. Sedang pada uji t didapatkan bahwa nilai thitung yaitu 2,149 > dari pada ttabel yaitu 1,645, sehingga hipotesis penelitian diterima. Jadi dapat dikatakan dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe buzz group berbantuan student worksheet aktivitas belajar siswa menjadi meningkat dan hasil belajar siswa lebih baik dibandingkan hasil belajar siswa dengan pembelajaran konvensional.