Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimalnya kemampuan siswa dalam mengembangkan kemampuan komunikasi matematis. Kemampuan ini akan mempengaruhi aktivitas belajar siswa. Berdasarkan observasi yang dilakukan di kelas XI IPA 1 MAN Kubang Putih terlihat bahwa siswa belum memiliki aktivitas belajar dalam kemampuan komunikasi secara optimal. Berdasarkan latihan soal yang diberikan guru saat proses pembelajaran terlihat siswa belum maksimal dalam melakukan writing activities, drawing activities, dan mental activities. Hal ini menandakan aktivitas belajar dalam kemampuan komunikasi matematis belum maksimal.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui writing activities dalam mengekspresikan ide-ide matematika, menyusun argumen, merumuskan definisi, dan mendemonstrasikannya secara tertulis menggunakan bahasa sediri. 2) Mengetahui drawing activities dalam merefleksikan dan mengevaluasi gambar dan diagram ke dalam ide matematika. 3) Mengetahui mental activities dalam menggunakan istilah-istilah, notasi/simbol matematika dan struktur-strukturnya untuk menyajikan ide kedalam konsep matematika. Metode yang digunakan adalah gabungan metode kuantitatif dengan kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 MAN Kubang Putih sebanyak 15 orang siswa. Teknik pengumpulan data adalah tes tulisan dan lembar observasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan prosedur mereduksi data, analisis hasil kerja, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Setelah itu divalidasi dengan menggunakan triagulasi data.
Hasil penelitian menunjukkan aktivitas belajar siswa berdasarkan kemampuan komunikasi dengan aspek.1) Aktivitas belajar siswa dalam writing activities pada indikator mengekspresikan ide-ide matematika, menyusun argumen, merumuskan definisi dan mendemonstrasikannya secara tertulis menggunakan bahasa sendiri adalah 76,65%. Siswa sudah mampu mendeskripsikan pengertian atau definisi menggunakan bahasanya sendiri dan tidak menyimpang dari pengertian atau maksud sebenarnya. 2) Aktivitas belajar siswa dalam drawing activities pada indikator merefleksikan dan mengevaluasi gambar dan diagram ke dalam ide matematika dan menggambarkannya adalah 43,32%. Pada umumnya siswa belum mampu menggambar diagram lingkaran .3) Aktivitas belajar siswa dalam mental activities pada indikator menggunakan istilah, notasi/simbol, dan struktur-strukturnya untuk menyajikan ide ke dalam konsep matematika adalah 6,6%. Siswa sudah belum mampu memecahkan soal yang diberikan, walaupun ada beberapa jawaban siswa yang salah dan kurang lengkap.