Fakultas | Tarbiyah dan Ilmu Keguruan |
Jurusan | PENDIDIKAN AGAMA ISLAM |
Kode Matakuliah | PAI306 |
Nama Matakuliah | METODOLOGI PENELITIAN KUANTITATIF |
Semester | 4 |
SKS | 3 sks |
Pengampu Perkuliahan | Dr. Hj. DEMINA, M.Pd. |
Peserta Perkuliahan | 1830101001 - AFIT WAESAMA-AE, 1830101003 - ANI FITRIA NURKHASANAH, 1830101004 - ANNISA FITRIANA, 1830101005 - AYU NOVITA SARI, 1830101006 - DELA YULIA, 1830101008 - DIKE GUSMI, 1830101010 - FAKHRUL ILMI, 1830101011 - FENI MARDIKA, 1830101012 - FILDZAH FEBRIYANTI, 1830101013 - FITRI DIANA, 1830101014 - GEBBYTA ELWISSANDY, 1830101015 - HANIF ABRAR, 1830101016 - ILFANZA RAMADHIKA, 1830101018 - IRMAINI, 1830101019 - IRMALA SARI YOSSI, 1830101021 - JUWI CHAHNIA, 1830101022 - KAMARUDDEEN KADAYLODING, 1830101023 - KHAIRRAH TURAHMAH, 1830101024 - M IRFAN TAUFIK, 1830101025 - PERTIWI SURYANI, 1830101026 - PIA MARLINDA, 1830101028 - SITI KURNIA RAHMADANI, 1830101029 - SITY RAHMA WATI, 1830101030 - SRI WULAN OKTAVIANIS, 1830101031 - SUCI RAHMA FITRI, 1830101032 - TOMI OKTA VERNANDO, 1830101033 - ULFA SARIFAH, 1830101036 - YOLA HELFITRI, 1830101037 - YOSKY TAWAKALL, 1830101074 - SUCI TRI WAHYUNI |
Metode Penelitian Pendidikan merupakan salah satu mata kuliah yang harus diambil oleh mahasiswa FTIK khususnya jurusan Pendidikan Agama Islam pada Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Mata kuliah ini membahas berbagai konsep, teori, metode penelitian dan pelaksanaan Penelitian Pendidikan Agama Islam.
Perkuliahan dilakukan selama satu semester yang terdiri dari (1). Pertemuan tatap muka dan diskusi, (2) Presentasi makalah dan individual (3) tugas dan ujian. Untuk kehadiran mahasiswa mengikuti perkuliahan minimal 80%. Dalam proses perkuliahan mahasiswa dituntut berperan aktif melalui diskusi, mengerjakan tugas resume perminggu dan resume melalui jurnal penelitian pendidikan. Proses perkuliahan melalui pendekatan perguruan tinggi berbasis riset dalam cakupan KKNI.
Nilai akhir ditetapkan berdasarkan partisipasi dalam perkuliahan, tugas-tugas dan hasil ujian
Perkuliahan diharapkan kepada mahasiswa mampu mengetahui berbagai konsep tentang metode penelitian dan teori- teori serta mampu merancang proposal penelitian serta melaksanakan penelitian untuk menyelesaikan skripsi dan penelitian pada ummnya
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Kontrak perkuliahan 1. Proses pembelajaran 2. Kelompok penyaji 3. Jam kuliah 4. UAS / UTS 5. Tugas mingguan |
Kontrak perkuliahan | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
2 | Konsep dasar metode penelitian pendidikan 1. Pengertian dan ruang lingkup penelitian pendidikan 2. Pengertian metode, metodologi, riset dan hakekat penelitian 3. Variabel penelitian 1. Tujuan 2. Tingkat eksplanasi 3. Perbedaan penelitian kuantitatif |
Mahasiswa memahami konsep dasar metode penelitian pendidikan dan variabel penelitian Mahasiswa mengetahu jenis-jenis dan metode penelitian pendidikan |
Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
3 | Masalah penelitian, fenomena penelitian dan kajian. melalui jurnal penelitian A. Latar belakang masalah B. identifikasi masalah, C. Pembetasan masalah. D. Perumusan masalah, E. Tujuan Penelitian F. Manfaat Penelitian Contoh dari Jurnal penelitian |
Mahasiswa dapat memahami BAB I Penelitian Kuantitatif | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
4 | Masalah penelitian, fenomena penelitian dan kajian. melalui jurnal penelitian A. Latar belakang masalah B. identifikasi masalah, C. Pembetasan masalah. D. Perumusan masalah, E. Tujuan Penelitian F. Manfaat Penelitian Contoh dari Jurnal penelitian |
Mahasiswa dapat memahami BAB I Penelitian Kuantitatif | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
5 | Masalah penelitian, fenomena penelitian dan kajian. melalui jurnal penelitian A. Latar belakang masalah B. identifikasi masalah, C. Pembetasan masalah. D. Perumusan masalah, E. Tujuan Penelitian F. Manfaat Penelitian Contoh dari Jurnal penelitian |
Mahasiswa dapat memahami BAB I Penelitian Kuantitatif | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
6 | buku-buku jurnal penelitian A. Landasan Teori B. Kerangka Konseptual C. hipotesis |
mahasiswa dapat menyimpulkan berbagai teori dalam penelitian | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
7 | buku-buku jurnal penelitian A. Landasan Teori B. Kerangka Konseptual C. hipotesis |
mahasiswa dapat menyimpulkan berbagai teori dalam penelitian | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
8 | 1. Populasi 2. Teknik Sampel penelitian 3. Skala pengukuran 4. Instrumen Penelitian 5. teknik pengumpulan data 1. Pengertian Populasi dan Sampel, 2. Teknik sampling 3. Menentukan ukuran sampel contoh dan prakteknya 4. Macam-macam skala pengukuran contoh dan prakteknya 5. Insrumen penelitian dan pengembangan nya 6. Contoh dan prakteknya |
Mahasiswa dapat menentukan / BAB III.Metode | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
9 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | UTS | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
10 | 1. Slipt Off / belah dua 2. KR20, KR 21 3. Produk moment 4. contoh dan prakteknya |
Validitas dan reliabilitas tes Persyaratan analisis data Normalitas dan homogenitas data |
Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
11 | 1. Slipt Off / belah dua 2. KR20, KR 21 3. Produk moment 4. contoh dan prakteknya Analisis data kuantitatif 1. T-test 2. Korelasi Pearson Product Moment 3. Analisis regresi sederhana contoh dan prakteknya melalui SPSS Analisis data kuantitatif 1. T-test 2. Korelasi Pearson Product Moment 3. Analisis regresi sederhana contoh dan prakteknya melalui SPSS |
Validitas dan reliabilitas tes Persyaratan analisis data Normalitas dan homogenitas data |
Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
12 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Teknik Analisis Data | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
13 | Metode penelitian Pengembangan 1. Langkah R&D a. ADDIE dan b. 4D contoh dan prakteknya |
Metode penelitian Pengembangan | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
14 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Tugas akhir / Penyajian rancangan proposal penelitian mahasiswa | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
15 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Tugas akhir / Penyajian rancangan proposal penelitian mahasiswa | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
16 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 16 : UAS | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya |
Artefak perkuliahan Matakuliah: PAI306-METODOLOGI PENELITIAN KUANTITATIF (3 SKS), Semester: 4 18-PAI-A, Dosen : Dr. Hj. DEMINA, M.Pd., Ruang: Lokal KII.7, Hari: Rabu, 13.15 s.d 15.45, Tahun Akademik: 2019/2020, Jurusan: PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar