Publikasi IAIN Batusangkar

PAI306-METODOLOGI PENELITIAN KUANTITATIF (3 SKS) 4 18-PAI-A Dr. Hj. DEMINA, M.Pd. Lokal KII.7, Rabu, 13.15 s.d 15.45 2019/2020

PAI306-METODOLOGI PENELITIAN KUANTITATIF (3 SKS) 4 18-PAI-A Dr. Hj. DEMINA, M.Pd. Lokal KII.7, Rabu, 13.15 s.d 15.45 2019/2020

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Jurusan PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Kode Matakuliah PAI306
Nama Matakuliah METODOLOGI PENELITIAN KUANTITATIF
Semester 4
SKS 3 sks
Pengampu Perkuliahan Dr. Hj. DEMINA, M.Pd.
Peserta Perkuliahan 1830101001 - AFIT WAESAMA-AE,
1830101003 - ANI FITRIA NURKHASANAH,
1830101004 - ANNISA FITRIANA,
1830101005 - AYU NOVITA SARI,
1830101006 - DELA YULIA,
1830101008 - DIKE GUSMI,
1830101010 - FAKHRUL ILMI,
1830101011 - FENI MARDIKA,
1830101012 - FILDZAH FEBRIYANTI,
1830101013 - FITRI DIANA,
1830101014 - GEBBYTA ELWISSANDY,
1830101015 - HANIF ABRAR,
1830101016 - ILFANZA RAMADHIKA,
1830101018 - IRMAINI,
1830101019 - IRMALA SARI YOSSI,
1830101021 - JUWI CHAHNIA,
1830101022 - KAMARUDDEEN KADAYLODING,
1830101023 - KHAIRRAH TURAHMAH,
1830101024 - M IRFAN TAUFIK,
1830101025 - PERTIWI SURYANI,
1830101026 - PIA MARLINDA,
1830101028 - SITI KURNIA RAHMADANI,
1830101029 - SITY RAHMA WATI,
1830101030 - SRI WULAN OKTAVIANIS,
1830101031 - SUCI RAHMA FITRI,
1830101032 - TOMI OKTA VERNANDO,
1830101033 - ULFA SARIFAH,
1830101036 - YOLA HELFITRI,
1830101037 - YOSKY TAWAKALL,
1830101074 - SUCI TRI WAHYUNI

2. Deskripsi Pembelajaran

Metode Penelitian Pendidikan merupakan salah satu mata kuliah yang harus diambil oleh mahasiswa FTIK khususnya jurusan Pendidikan Agama Islam pada Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Mata kuliah ini membahas berbagai konsep, teori, metode penelitian dan pelaksanaan Penelitian Pendidikan Agama Islam.
Perkuliahan dilakukan selama satu semester yang terdiri dari (1). Pertemuan tatap muka dan diskusi, (2) Presentasi makalah dan individual (3) tugas dan ujian. Untuk kehadiran mahasiswa mengikuti perkuliahan minimal 80%. Dalam proses perkuliahan mahasiswa dituntut berperan aktif melalui diskusi, mengerjakan tugas resume perminggu dan resume melalui jurnal penelitian pendidikan. Proses perkuliahan melalui pendekatan perguruan tinggi berbasis riset dalam cakupan KKNI.
Nilai akhir ditetapkan berdasarkan partisipasi dalam perkuliahan, tugas-tugas dan hasil ujian

3. Capaian / Kompetensi

Perkuliahan diharapkan kepada mahasiswa mampu mengetahui berbagai konsep tentang metode penelitian dan teori- teori serta mampu merancang proposal penelitian serta melaksanakan penelitian untuk menyelesaikan skripsi dan penelitian pada ummnya

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar
1 Kontrak perkuliahan
1. Proses pembelajaran
2. Kelompok penyaji
3. Jam kuliah
4. UAS / UTS
5. Tugas mingguan
Kontrak perkuliahan Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
2 Konsep dasar metode penelitian pendidikan

1. Pengertian dan ruang lingkup penelitian pendidikan
2. Pengertian metode, metodologi, riset dan hakekat penelitian
3. Variabel penelitian
1. Tujuan
2. Tingkat eksplanasi
3. Perbedaan penelitian kuantitatif
Mahasiswa memahami konsep dasar metode penelitian pendidikan dan variabel penelitian

Mahasiswa mengetahu jenis-jenis dan metode penelitian pendidikan
Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
3 Masalah penelitian, fenomena penelitian dan kajian.
melalui jurnal penelitian
A. Latar belakang masalah
B. identifikasi masalah,
C. Pembetasan masalah.
D. Perumusan masalah,
E. Tujuan Penelitian
F. Manfaat Penelitian
Contoh dari Jurnal penelitian
Mahasiswa dapat memahami BAB I Penelitian Kuantitatif Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
4 Masalah penelitian, fenomena penelitian dan kajian.
melalui jurnal penelitian

A. Latar belakang masalah
B. identifikasi masalah,
C. Pembetasan masalah.
D. Perumusan masalah,
E. Tujuan Penelitian
F. Manfaat Penelitian
Contoh dari Jurnal penelitian
Mahasiswa dapat memahami BAB I Penelitian Kuantitatif Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
5 Masalah penelitian, fenomena penelitian dan kajian.
melalui jurnal penelitian
A. Latar belakang masalah
B. identifikasi masalah,
C. Pembetasan masalah.
D. Perumusan masalah,
E. Tujuan Penelitian
F. Manfaat Penelitian
Contoh dari Jurnal penelitian
Mahasiswa dapat memahami BAB I Penelitian Kuantitatif Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
6 buku-buku
jurnal penelitian
A. Landasan Teori
B. Kerangka Konseptual
C. hipotesis
mahasiswa dapat menyimpulkan berbagai teori dalam penelitian Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
7 buku-buku
jurnal penelitian
A. Landasan Teori
B. Kerangka Konseptual
C. hipotesis
mahasiswa dapat menyimpulkan berbagai teori dalam penelitian Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
8 1. Populasi
2. Teknik Sampel penelitian
3. Skala pengukuran
4. Instrumen Penelitian
5. teknik pengumpulan data
1. Pengertian Populasi dan Sampel,
2. Teknik sampling
3. Menentukan ukuran sampel contoh dan prakteknya
4. Macam-macam skala pengukuran
contoh dan prakteknya
5. Insrumen penelitian dan pengembangan nya
6. Contoh dan prakteknya
Mahasiswa dapat menentukan / BAB III.Metode Mengerjakan soal UTS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
9 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... UTS Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
10 1. Slipt Off / belah dua
2. KR20, KR 21
3. Produk moment
4.
contoh dan prakteknya
Validitas dan reliabilitas tes
Persyaratan analisis data
Normalitas dan homogenitas data
Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
11 1. Slipt Off / belah dua
2. KR20, KR 21
3. Produk moment
4.
contoh dan prakteknya
Analisis data kuantitatif
1. T-test
2. Korelasi Pearson Product Moment
3. Analisis regresi sederhana
contoh dan prakteknya melalui SPSS
Analisis data kuantitatif
1. T-test
2. Korelasi Pearson Product Moment
3. Analisis regresi sederhana
contoh dan prakteknya melalui SPSS
Validitas dan reliabilitas tes
Persyaratan analisis data
Normalitas dan homogenitas data
Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
12 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Teknik Analisis Data Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
13 Metode penelitian Pengembangan

1. Langkah R&D
a. ADDIE dan
b. 4D
contoh dan prakteknya
Metode penelitian Pengembangan Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
14 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Tugas akhir / Penyajian rancangan proposal penelitian mahasiswa Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
15 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Tugas akhir / Penyajian rancangan proposal penelitian mahasiswa Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
16 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 16 : UAS Mengerjakan soal UAS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya

5. Daftar Rujukan







    News

    Artefak perkuliahan Matakuliah: PAI306-METODOLOGI PENELITIAN KUANTITATIF (3 SKS), Semester: 4 18-PAI-A, Dosen : Dr. Hj. DEMINA, M.Pd., Ruang: Lokal KII.7, Hari: Rabu, 13.15 s.d 15.45, Tahun Akademik: 2019/2020, Jurusan: PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Pengunggahan Barusan