Publikasi IAIN Batusangkar

TIK401-MICRO TEACHING (3 SKS) 6 MT 13 ROMI MAIMORI, S.AG., M.PD Lokal KI.2, Selasa, 07.15 s.d 09.45 2019/2020

TIK401-MICRO TEACHING (3 SKS) 6 MT 13 ROMI MAIMORI, S.AG., M.PD Lokal KI.2, Selasa, 07.15 s.d 09.45 2019/2020

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Jurusan PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Kode Matakuliah TIK401
Nama Matakuliah MICRO TEACHING
Semester 6
SKS 3 sks
Pengampu Perkuliahan ROMI MAIMORI, S.AG., M.PD
Peserta Perkuliahan 1730101039 - FAJAR RAHMAN,
1730101048 - GUSNI RIVDHAH,
1730101049 - HANIF ALLAMUL HUDA,
1730101050 - HUSWATUL HASANAH,
1730101051 - IKHWATIKA,
1730101052 - IMAM HANAFI,
1730101055 - ISMI KHOIR,
1730101058 - JANI CANDRA

2. Deskripsi Pembelajaran

Mata kuliah ini memberikan skill/keterampilan kepada mahasiswa berupa keterampilan dasar mengajar

3. Capaian / Kompetensi

Mahasiswa memiliki kemampuan dalam Membuka Pembelajaran, menjelaskan materi, memberikan penguatan, tekhnik bertanya, melakukan variasi dalam proses pembelajaran, memvariasikan media, melakukan feedback, memiliki kemampuan mengelola kelas baik secara fisik maupun non fisik serta keterampilan menutup pembelajaran.

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar
1 Mahasiswa memiliki pengethuan dan pemahaman tentan persiapan mengajar langkah dan keterampilan mengajar Pembahasan tentang Review materi tentan persiapan mengajar langkah dan keterampilan mengajar Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, tentang tentan persiapan mengajar langkah dan keterampilan mengajar 3 x 50 menit Ketepatan membuat Rencana Program Pembelajaran dan Ketepatan setiap indikator keterampilan mengajar
2 Mahasiswa mampu mensimulasikan tentang Keterampilan Membuka Pelajaran Pembahasan tentang Keterampilan Membuka Pelajaran Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, dan mempraktekkan Keterampilan Membuka Pelajaran 3 x 50 menit Ketepatan membuat Rencana Program Pembelajaran dan Ketepatan setiap indikator dari Keterampilan Membuka Pelajaran
3 Mahasiswa mampu mensimulasikan tentang Keterampilan Menyampaikan / Menjelaskan Materi Pembahasan tentang Menyampaikan / Menjelaskan Materi Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, dan mempraktekkan Keterampilan Menyampaikan / Menjelaskan Materi 3 x 50 menit Ketepatan membuat Rencana Program Pembelajaran dan Ketepatan setiap indikator dari Keterampilan Menyampaikan / Menjelaskan Materi
4 Mahasiswa mampu mensimulasikan tentang Keterampilan Bertanya Pembahasan tentang Keterampilan Bertanya Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, dan mempraktekkan Keterampilan Bertanya 3 x 50 menit Ketepatan membuat Rencana Program Pembelajaran dan Ketepatan setiap indikator dari Keterampilan Bertanya
5 Mahasiswa mampu mensimulasikan tentang Keterampilan Memberikan Penguatan Pembahasan tentang Keterampilan Memberikan Penguatan Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, dan mempraktekkan Keterampilan Memberikan Penguatan 3 x 50 menit Ketepatan membuat Rencana Program Pembelajaran dan Ketepatan setiap indikator dari Keterampilan Memberikan Penguatan
6 Mahasiswa mampu mensimulasikan tentang Keterampilan Melakukan Variasi Pembahasan tentang Keterampilan Melakukan Variasi Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, dan mempraktekkan Keterampilan Melakukan Variasi 3 x 50 menit Ketepatan membuat Rencana Program Pembelajaran dan Ketepatan setiap indikator dari Keterampilan Melakukan Variasi
7 Mahasiswa mampu mensimulasikan tentang Keterampilan Menggunakan Media Pembahasan tentang Keterampilan Menggunakan Media Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, dan mempraktekkan Keterampilan Menggunakan Media 3 x 50 menit Ketepatan membuat Rencana Program Pembelajaran dan Ketepatan setiap indikator dari Keterampilan Menggunakan Media
8 Mahasiswa mampu mensimulasikan tentang Keterampilan Mengelola Kelas Pembahasan tentang Keterampilan Mengelola Kelas Mengerjakan soal UTS Menyimak, Mengamati, dan mempraktekkan Keterampilan Mengelola Kelas 3 x 50 menit Ketepatan membuat Rencana Program Pembelajaran dan Ketepatan setiap indikator dari Keterampilan Mengelola Kelas
9 Mahasiswa mampu mensimulasikan tentang Keterampilan Menutup Pembelajaran Pembahasan tentang Menutup Pembelajaran Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, dan mempraktekkan Keterampilan Menutup Pembelajaran 3 x 50 menit Ketepatan membuat Rencana Program Pembelajaran dan Ketepatan setiap indikator dari Keterampilan Menutup Pembelajaran
10 Mahasiswa mampu melalukan latihan komprehensif tentang teknik mengajar Pembahasan tentang Latihan Komprehensif tentang teknik Mengajar Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, dan mempraktekkan Keterampilan pada latihan komprehensif teknik mengajar 3 x 50 menit Menyimak, Mengamati, dari latihan komprehensif keterampilan dasar mengajr
11 Mahasiswa mampu mempraktekkan seluruh komponen keterampilan mengajar Melakukan Shooting terkait dengan kemampuan mahasiswa melakukan proses pembelajaran di kelas Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, dan mempraktekkan Keterampilan pada latihan komprehensif teknik mengajar 3 x 50 menit Mengikuti kegiatan shooting tentang keterampilan dasar mengajr
12 Mahasiswa mereview dari hasil shooting Melakukan review hasil Shooting terkait dengan kemampuan mahasiswa melakukan proses pembelajaran di kelas. Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, dan mempraktekkan Keterampilan pada latihan komprehensif teknik mengajarl 3 x 50 menit melakukan kegiatan shooting tentang keterampilan dasar mengajr
13 Mahasiswa mereview dari hasil shooting Melakukan review hasil Shooting terkait dengan kemampuan mahasiswa melakukan proses pembelajaran di kelas. Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, dan mempraktekkan Keterampilan pada latihan komprehensif teknik mengajarl 3 x 50 menit melakukan kegiatan shooting tentang keterampilan dasar mengajr
14 Ujian Akhir Micro Teaching Ujian Akhir Micro Teaching Belajar mengajar dan tanya jawab Ujian Akhir Micro Teaching 3 x 50 menit Ujian Akhir Micro Teaching
15 Ujian Akhir Micro Teaching Ujian Akhir Micro Teaching Belajar mengajar dan tanya jawab Ujian Akhir Micro Teaching 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
16 Ujian Akhir Micro Teaching Ujian Akhir Micro Teaching Mengerjakan soal UAS Ujian Akhir Micro Teaching 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya

5. Daftar Rujukan







    News

    Artefak perkuliahan Matakuliah: TIK401-MICRO TEACHING (3 SKS), Semester: 6 MT 13, Dosen : ROMI MAIMORI, S.AG., M.PD, Ruang: Lokal KI.2, Hari: Selasa, 07.15 s.d 09.45, Tahun Akademik: 2019/2020, Jurusan: PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Pengunggahan Barusan