Publikasi IAIN Batusangkar

INF302-Bahasa Pemrograman (3 SKS) 3 19-MI-A KHAIRUNNISA, M. KOM LABOR KOMPUTER FEBI 3, Sabtu, 09.46 s.d 12.15 2020/2021

INF302-Bahasa Pemrograman (3 SKS) 3 19-MI-A KHAIRUNNISA, M. KOM LABOR KOMPUTER FEBI 3, Sabtu, 09.46 s.d 12.15 2020/2021

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Jurusan MANAJEMEN INFORMATIKA
Kode Matakuliah INF302
Nama Matakuliah Bahasa Pemrograman
Semester 3
SKS 3 sks
Pengampu Perkuliahan KHAIRUNNISA, M. KOM
Peserta Perkuliahan 1950401001 - ADE BENY AGUS PUTRA,
1950401002 - AGIEL PRATAMA,
1950401003 - AHSANURRIJAL,
1950401004 - AL FAJRI,
1950401006 - ANDIKA PRATAMA .T,
1950401007 - ANISA RAHMA PUTRI,
1950401008 - AYDIL SAPUTRA,
1950401009 - BAYU BUANA PUTRA,
1950401010 - BINTANG CAMPAGO AMANSYAH,
1950401011 - DAHLIA LARASATI,
1950401012 - DEFRI MAULANA,
1950401013 - DERRY DAVINCI,
1950401014 - DESKY RAMADHAN,
1950401016 - DIMAS FADHALI SYAFIQ,
1950401017 - EARLY FARAGON VAN MATUSKA,
1950401018 - FAUZAN HAMID,
1950401021 - GIVO NUR AKBAR,
1950401022 - GUSTIANI

2. Deskripsi Pembelajaran

Tujuan utama dari mata kuliah ini adalah membekali mahasiswa dengan berbagai kemampuan dalam membangun sistem aplikasi java melalui pemahaman akan konsep dari sub-sistem penyusun pemrograman java

3. Capaian / Kompetensi

Mahasiswa memiliki pemahaman mengenai konsep dasar pemrograman java dan komponen pembentuk sistem aplikasi java

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar
1 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan pokok-pokok bahasan, metode pembelajaran, capaian pembelajaran, system penilaian, norma akademik dan referensi utama. Memahami definisi pemrograman java Pembahasan tentang pokok-pokok bahasan, metode pembelajaran, capaian pembelajaran, system penilaian, norma akademik dan referensi utama. Memahami definisi pemrograman java Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
2 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan dasar-dasar Netbeans, cara penginstalan Netbeans dan Toolbar pada Netbeans Pembahasan tentang dasar-dasar Netbeans, cara penginstalan Netbeans dan Toolbar pada Netbeans Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
3 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan tahapan perancangan program Java Pembahasan tentang tahapan perancangan program Java Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
4 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Struktur Pemrograman Java dan Tipe Data Pembahasan tentang Struktur Pemrograman Java dan Tipe Data Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
5 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Variabel dan Operator Pembahasan tentang Variabel dan Operator Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
6 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Percabangan, Perulangan dan Array Pembahasan tentang Percabangan, Perulangan dan Array Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
7 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan perancangan program Java Pembahasan tentang perancangan program Java Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
8 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 8 : UTS Mengerjakan soal UTS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
9 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Penggunaan Database pada pemrograman Java Pembahasan tentang Penggunaan Database pada pemrograman Java Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
10 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan perintah-perintah INSERT, Tambah dan View pada Java Pembahasan tentang perintah-perintah INSERT, Tambah dan View pada Java Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
11 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan perintah-perintah SELECT, UPDATE, dan DELETE pada Java Pembahasan tentang perintah-perintah SELECT, UPDATE, dan DELETE pada Java Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
12 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Java Report Pembahasan tentang Java Report Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
13 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan langkah-langkah pembuatan Perancangan Aplikasi, Desain, Laporan Pembahasan tentang langkah-langkah pembuatan Perancangan Aplikasi, Desain, Laporan Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
14 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan langkah-langkah pembuatan Perancangan Aplikasi, Desain, Laporan Pembahasan tentang langkah-langkah pembuatan Perancangan Aplikasi, Desain, Laporan Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
15 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan aplikasi yang terstruktur menggunakan Java Pembahasan tentang aplikasi yang terstruktur menggunakan Java Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
16 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 16 : UAS Mengerjakan soal UAS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya

5. Daftar Rujukan







    News

    Artefak perkuliahan Matakuliah: INF302-Bahasa Pemrograman (3 SKS), Semester: 3 19-MI-A, Dosen : KHAIRUNNISA, M. KOM, Ruang: LABOR KOMPUTER FEBI 3, Hari: Sabtu, 09.46 s.d 12.15, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: MANAJEMEN INFORMATIKA

Pengunggahan Barusan