Fakultas | Ekonomi dan Bisnis Islam |
Jurusan | MANAJEMEN INFORMATIKA |
Kode Matakuliah | INF302 |
Nama Matakuliah | Bahasa Pemrograman |
Semester | 3 |
SKS | 3 sks |
Pengampu Perkuliahan | KHAIRUNNISA, M. KOM |
Peserta Perkuliahan | 1950401001 - ADE BENY AGUS PUTRA, 1950401002 - AGIEL PRATAMA, 1950401003 - AHSANURRIJAL, 1950401004 - AL FAJRI, 1950401006 - ANDIKA PRATAMA .T, 1950401007 - ANISA RAHMA PUTRI, 1950401008 - AYDIL SAPUTRA, 1950401009 - BAYU BUANA PUTRA, 1950401010 - BINTANG CAMPAGO AMANSYAH, 1950401011 - DAHLIA LARASATI, 1950401012 - DEFRI MAULANA, 1950401013 - DERRY DAVINCI, 1950401014 - DESKY RAMADHAN, 1950401016 - DIMAS FADHALI SYAFIQ, 1950401017 - EARLY FARAGON VAN MATUSKA, 1950401018 - FAUZAN HAMID, 1950401021 - GIVO NUR AKBAR, 1950401022 - GUSTIANI |
Tujuan utama dari mata kuliah ini adalah membekali mahasiswa dengan berbagai kemampuan dalam membangun sistem aplikasi java melalui pemahaman akan konsep dari sub-sistem penyusun pemrograman java
Mahasiswa memiliki pemahaman mengenai konsep dasar pemrograman java dan komponen pembentuk sistem aplikasi java
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan pokok-pokok bahasan, metode pembelajaran, capaian pembelajaran, system penilaian, norma akademik dan referensi utama. Memahami definisi pemrograman java | Pembahasan tentang pokok-pokok bahasan, metode pembelajaran, capaian pembelajaran, system penilaian, norma akademik dan referensi utama. Memahami definisi pemrograman java | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
2 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan dasar-dasar Netbeans, cara penginstalan Netbeans dan Toolbar pada Netbeans | Pembahasan tentang dasar-dasar Netbeans, cara penginstalan Netbeans dan Toolbar pada Netbeans | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
3 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan tahapan perancangan program Java | Pembahasan tentang tahapan perancangan program Java | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
4 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Struktur Pemrograman Java dan Tipe Data | Pembahasan tentang Struktur Pemrograman Java dan Tipe Data | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
5 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Variabel dan Operator | Pembahasan tentang Variabel dan Operator | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
6 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Percabangan, Perulangan dan Array | Pembahasan tentang Percabangan, Perulangan dan Array | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
7 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan perancangan program Java | Pembahasan tentang perancangan program Java | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
8 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 8 : UTS | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
9 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Penggunaan Database pada pemrograman Java | Pembahasan tentang Penggunaan Database pada pemrograman Java | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
10 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan perintah-perintah INSERT, Tambah dan View pada Java | Pembahasan tentang perintah-perintah INSERT, Tambah dan View pada Java | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan perintah-perintah SELECT, UPDATE, dan DELETE pada Java | Pembahasan tentang perintah-perintah SELECT, UPDATE, dan DELETE pada Java | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
12 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Java Report | Pembahasan tentang Java Report | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
13 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan langkah-langkah pembuatan Perancangan Aplikasi, Desain, Laporan | Pembahasan tentang langkah-langkah pembuatan Perancangan Aplikasi, Desain, Laporan | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
14 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan langkah-langkah pembuatan Perancangan Aplikasi, Desain, Laporan | Pembahasan tentang langkah-langkah pembuatan Perancangan Aplikasi, Desain, Laporan | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
15 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan aplikasi yang terstruktur menggunakan Java | Pembahasan tentang aplikasi yang terstruktur menggunakan Java | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
16 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 16 : UAS | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya |
Artefak perkuliahan Matakuliah: INF302-Bahasa Pemrograman (3 SKS), Semester: 3 19-MI-A, Dosen : KHAIRUNNISA, M. KOM, Ruang: LABOR KOMPUTER FEBI 3, Hari: Sabtu, 09.46 s.d 12.15, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: MANAJEMEN INFORMATIKA
Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar