Publikasi IAIN Batusangkar

PENGEMBANGAN LKS BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII DI SMPN 3 X KOTO DIATAS

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author Sariyos
dc.date.accessioned 2017-06-08T00:15:52Z
dc.date.available 2017-06-08T00:15:52Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2017-02-09
dc.identifier.isbn 12101024
dc.identifier.isbn 12101024
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.21700071
dc.identifier.uri
dc.description.abstract Permasalahan dalam penelitian ini berkaitan dengan keterbatasan jumlah buku sumber untuk belajar PAI yang dimiliki sekolah sehingga berakibat siswa tidak memiliki buku pegangan saat proses pembelajaran. Disamping itu guru juga belum mampu mengembangkan bahan ajar. Dalam proses pembelajaran berlangsung masih banyak siswa yang berbincang-bincang saat guru menerangkan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS PAI pada materi zakat yang valid dan praktis Metode penelitian yang digunakan Research and Development (R & D) yaitu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu. Adapun model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yaitu: define, design, develop, dan disseminate. Penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap develop. Pengumpulan data dilakukan melalui lembar validasi, lembar observasi, lembar angket, dan pedoman wawancara. Untuk instrument penelitian digunakan lembar validasi, lembar observasi, lembar angket, dan pedoman wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan dua cara. Lembar validasi dan angket dianalisis dengan mencari persentase, sedangkan hasil observasi dan wawancara dianalisis dengan teknik deskriptif. Setelah itu ditentukan kualitas dari produk yang dikembangkan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa LKS berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) yang telah dihasilkan bersifat sangat valid dengan persentase penilaian sebesar 82,52% melalui uji validitas dengan 3 orang validator. Hasil uji praktikalitas melalui angket respon siswa menunjukkan kategori yaitu sangat praktis dengan persentase penilaian 84,44%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) yang dikembangkan sudah valid dan praktis. Sesuai yang dikatakan oleh Riduwan bahwa suatu produk yang dikembangkan dinyatakan valid dan praktis apabila mempunyai persentase 61%-81%. Maka dapat disimpulkan penelitian ini telah menghasilkan prodak berupa LKS .
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.subject Pendidikan islam-Metode dan sistem
dc.subject.ddc 2X7.31
dc.subject.ddc 2X7.31
dc.title PENGEMBANGAN LKS BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII DI SMPN 3 X KOTO DIATAS
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku