Abstract:
Pondok Pesantren Modern Al-Harbi sebagai salah satu lembaga pendidikan formal yang bercirikan Islami memiliki tanggung jawab besar dalam pendidikan nilai-nilai Islam dan pengintegrasian mata pelajaran umum dengan pengetahun agama, khususnya matematika. Visi Pondok Pesantren Modern Al-Harbi adalah membentuk pribadi muslim dan muslimah yang berkarakter mulia, beriman, berilmu, beramal, bertakwa, berkualitas dan profesional menuju ridho Illahi, berdasarkan Al-Qur’an dan sunnah. Untuk mewujudkan visi tersebut perlu pengaplikasiannya dalam proses pembelajaran. Dalam pembelajaran di kelas masih terdapat dikotomi ilmu pengetahuan, yaitu pemisahan antara ilmu agama dan ilmu umum, khususnya matematika. Selain itu, jika ditinjau dari sumber belajar yang digunakan oleh guru juga belum ada mengintegrasikan pembelajaran matematika dengan pengetahuan agama. Hal ini menunjukkan pembelajaran matematika hanya berorientasi pada kemampuan kognitif saja. Seharusnya untuk mewujudkan visi dan misi sekolah, ketiga aspek kompetensi yaitu kognitif, afektif dan psikomotor mesti diwujudkan secara berimbang. Berdasarkan hal tersebut, dibutuhkan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) sebagai sumber belajar yang berbasis integrasi matematika-Islam.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan. Rancangan penelitian pengembangan ini terdiri dua tahap yaitu: (1) Analisis Muka-Belakang (Front-End Analysis), tahap analisis muka-belakang dilakukan untuk mendapatkan gambaran kondisi di lapangan, dalam tahap ini dilakukan observasi dan wawancara dengan guru, analisis sumber belajar dan bahan ajar, serta mereview literatur tentang LKS, (2) Tahap prototipe (Prototype), hasil dari analisis muka-belakang digunakan untuk merancang prototipe LKS berbasis integrasi matematika-Islam pada materi bilangan bulat. Adapun teknik pengumpulan data adalah angket. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi dan angket respon.