Abstract:
Sumber belajar yang kurang mendukung dan penyajian materi dalam LKS yang belum mengaitkan dan mencantumkan ayat-ayat Al-Qur’an menyebabkan siswa kurang memahami bahwa matematika merupakan salah satu bidang keilmuan yang memiliki kaitan dengan Islam khususnya dengan Al-Qur’an karena cukup banyak ayat-ayat Al-Qur’an yang mencantumkan materi matematika baik secara eksplisit maupun implisit. Salah satu upaya yang dapat ditempuh untuk memenuhi pemahaman siswa mengenai kaitan antara matematika dengan Al-Qur’an adalah dengan mendesain sebuah bahan ajar atau sumber belajar yang mencantumkan ayat-ayat Al-Qur’an mengenai materi matematika yang disajikan. Salah satu bahan ajar atau sumber belajar yang dapat dikembangkan adalah handout. Handout yang dikembangkan dapat memenuhi tuntutan bahwa materi matematika dapat disajikan dengan mencantumkan ayat-ayat Al-Qur’an memiliki kaitan yang cukup erat, dengan demikian pada skripsi ini dibahas mengenai pengembangan handout materi operasi hitung bilangan bulat menggunakan ayat-ayat Al-Qur’an.
Adapun tujuan penelitian ini secara umum adalah menghasilkan produk berupa handout materi operasi hitung bilangan bulat yang diintegrasikan dengan Islam yang dapat membantu siswa SMP-IT Insan Cendekia Boarding School (ICBS) Payakumbuh untuk memahami materi operasi hitung bilangan bulat dan memahami kaitan materi dengan pengetahuan Islam khususnya kaitan dengan Al-Qur’an. Tujuan penelitian secara khusus adalah untuk mendapatkan data apakah handout materi operasi hitung bilangan bulat dengan menggunakan ayat-ayat Al-Qur’an yang dihasilkan telah memenuhi kriteria valid dan praktis.
Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (research development). Penelitian ini terdiri atas tiga tahap yaitu: pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop). Tahap pendefinisian (define) atau tahap analisis kebutuhan dilakukan untuk mendapatkan gambaran kondisi di lapangan. Kegiatan ini dimulai dengan melakukan wawancara dengan guru, analisis silabus, RPP, dan sumber belajar, serta mereview literature tentang handout. Selanjutnya prototype divalidasi oleh 3 orang validator dan dilakukan uji coba terbatas terhadap 29 orang siswa SMP-IT Insan Cendekia Boarding School (ICBS) Payakumbuh untuk melihat kepraktisan handout.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa handout materi operasi hitung bilangan bulat menggunakan ayat-ayat Al-Qur’an yang dirancang telah valid dengan sedikit revisi. Handout materi operasi hitung bilangan bulat menggunakan ayat-ayat Al-Qur’an telah praktis digunakan setelah diuji coba kepraktisannya pada siswa SMP-IT Insan Cendekia Boarding School (ICBS) kelas VII8.