Abstract:
Pembelajaran matematika di SMAN 1 Sungayang masih menggunakan buku pelajaran yang tidak bervariatif, hanya menggunakan satu buku sumber. Selain buku sumber itu hanya ada bahan ajar yang dibuat guru tiap kali pertemuan. Hal ini mengakibat motivasi dan pengetahuan akan materi yang kurang. Guru, harus berpikir kreatif untuk menumbuhkan dan mengembangkan minat dan kemampuan matematis yang ada pada diri siswa. Salah satu usaha yang bisa dilakukan adalah dengan mengembangkan sumber belajar yang baru yang menarik dan dapat memotivasi siswa dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, dikembangkanlah sebuah buku ajar yang dimaksudkan dapat membantu guru dalam menyampaikan materi dan memotivasi siswa agar tujuan pembelajaran tercapai secara maksimal.
Penelitian ini adalah penelitian pengambangan yang terdiri dari 2 tahap yaitu, tahap analisis muka-belakang (front-end analysis) dan tahap prototipe (prototype). Instrumen penelitian pengembangan ini menggunakan lembar validasi, lembar angket respon praktikalitas yang terbagi menjadi dua, untuk guru dan untuk siswa. Instrumen penelitian ini divalidasi oleh 2 orang pakar pendidikan di STAIN Batusangkar. Pada proses validitas, buku ajar berbasis scientific divalidasi oleh 2 orang pakar pendidikan di STAIN Batusangkar dan salah seorang guru SMAN 1 Sungayang. Pada proses praktikalitas buku ajar berbasis scientific diujicobakan secara terbatas pada siswa kelas XI SMAN 1 Sungayang untuk melihat keterpakaian buku ajar yang dikembangkan.
Hasil penelitian ini diantaranya; (1) Buku ajar berbasis scientific yang telah dirancang telah valid dimana tingkat kevalidan 80,125% dengan menggunakan proses validasi isi yang meliputi kelayakan isi, kelayakan kebahasaan, kelayakan penyajian, kelayakan kegrafikan, (2) Buku ajar berbasis scientific telah praktis dari segi keterpakaian dimana tingkat kepraktisan 86.95%.