Abstract:
Dalam penulisan skripsi ini yang menjadi permasalahan adalah bagaimana strategi pemasaran KPR Musyarakah Mutanaqishah, bagaimana prosedur persyaratan dan proses pembiayaan KPR Musyarakah Mutanaqishah beserta bagaimana keunggulan KPR Musyarakah Mutanaqishah dengan KPR murabahah pada Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Pembantu (KCP) Solok.
Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan strategi pemasaran yang digunakan oleh Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Pembantu (KCP) Solok, mengetahui dan menjelaskan prosedur persyaratan dan proses pembiayaan pembiayaan KPR Musyarakah Mutanaqishah beserta mengetahui dan menganalisa keunggulan KPR Musyarakah Mutanaqishah dengan KPR murabahah pada Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Pembantu (KCP) Solok. Adapun kegunaan penulisan skripsi ini adalah sebagai pengembangan ilmu serta syarat memperoleh gelar Sarjana Ekonomi (S.E) di Institut Agama Islam Negeri (IAIN).
Jenis penelitian yang penulis lakukan adalah field reseach yaitu penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif yang menggambarkan strategi pemasaran yang digunakan oleh Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Pembantu (KCP) Solok. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah melalui wawancara dengan menggunakan alat panduan wawancara berupa daftar pertanyaan dan dokumentasi untuk mendapatkan data tertulis tentang pembiayaan KPR Musyarakah Mutanaqishah pada Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Pembantu (KCP) Solok.
Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan pada Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Pembantu (KCP) Solok dalam memasarkan produk KPR Musyarakah Mutanaqishah, Bagian marketing sudah aktif memasarkan dan memperkenalkan produk KPR Musyarakah Mutanaqishah yang dimiliki kepada masyarakat dilihat dari segi produk dan harga. Strategi pemasaran melalui produk KPR Musyarakah Mutanaqishah yaitu Proses lebih pendek kurang lebih 2 minggu, DP lebih ringan dan Memberikan kualitas pelayanan yang diberikan oleh pihak Bank Muamalat Indonesia KCP Solok dan Strategi pemasaran melalui harga Strategi adalah harga yang ditetapkan Bank Muamalat Indonesia KCP Solok adalah mengikuti strategi harga yang telah ditetapkan oleh kantor pusat.
Prosedur, persyaratan dan proses pembiayaan yang telah ditetapkan oleh pihak bank sudah sesuai teori dan SOP (Standar Prosedur Operasional). Keunggulan produk KPR musyarakah mutanaqishah dengan produk KPR Murabahah Pada Bank Muamalat Indonesia KCP Solok yaitu nya, margin rendah, angsuran murah, ada pelunasan sebagian pokok dan pelunasan di percepat lebih mudah dan murah.