Abstract:
Masalah pokok dalam penelitian ini adalah pengaruh layanan informasi dengan pendekatan bibliotherapy terhadap motivasi belajar siswa kelas XI IPS di MAN 2 Batusangkar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan informasi dengan pendekatan bibliotherapy yang telah diberikan kepada siswa/peserta layanan.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel X (layanan informasi dengan pendekatan bibliotherapy ) terhadap variabel Y (motivasi belajar siswa). Hipotesis (H0) penelitian ini adalah layanan informasi dengan pendekatan bibliotherapy tidak berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa dan Hipotesis (H1) Layanan informasi dengan pendekatan bibliotherapy berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS MAN 2 Batusangkar. Sampel penelitian yaitu 28 siswa yaitu kelas XI IPS 2. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu Skala dan pengamatan.
Treatment diberikan dengan melaksanakan layanan informasi dengan pendekatan bibliotherapy. Materi layanan yang diberikan yaitu, penayangan video tentang pentingnya cita-cita dan kesuksesan, materi atau bahan bacaan tentang pentingnya belajar, bahan bacaan tentang kiat-kiat meningkatkan motivasi dari dalam dan luar diri, dan penayangan film tentang bangkit dari kegagalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa dapat ditingkatkan setelah diberikan layanan informasi dengan pendekatan bibliotherapy. Hal ini dapat dilihat berdasarkan t hitung lebih besar dari t tabel, maka dari itu hipotesis alternatif diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar dapat ditingkatkan melalui layanan informasi dengan pendekatan bibliotherapy.