Abstract:
Masalah dalam penelitian ini adalah belum diketahuinya perbedaan prestasi belajar mahasiswa Tadris Bahasa Inggris IAIN Batusangkar berdasarkan strategi belajar bahasa yang digunakan oleh mereka. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk melihat perbedaan prestasi akademik mahasiswa Tadris Bahasa Inggris semester 5 tahun ajaran 2016/2016 IAIN Batusangkar berdasarkan strategi belajar bahasa Inggris.
Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif yang berbentuk causal comparative. Variabel dari penelitian ini adalah strategi belajar bahasa Inggris sebagai variabel bebas (X) dan perbedaan prestasi akademik mahasiswa sebagai variabel terikat (Y). Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Tadris Bahasa Inggris semester 5 yang terdaftar pada tahun akademik 2015/2016 yang berjumlah 102 orang. Sampel penelitian ini berjumlah 81 orang mahasiswa yang diambil dengan menggunakan propotional stratified random sampling dan didasarkan pada tingkat IPK mahasiswa tinggi, sedang, dan rendah. Instrumen penelitian yang digunakan adalah questionnaire yang dikonversikan dari SILL version 7.0 untuk mengukur tingkatan strategi belajar bahasa Inggris yang digunakan oleh mahasiswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak adanya pengaruh yang signifikan antara strategi belajar bahasa Inggris yang digunakan mahasiswa dengan prestasi akademik mahasiswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai uji t hitung (-1.411) > t table (-1.688) pada kelompok hasil belajar siswa yang tinggi dan sedang, t hitung (-0.969) > t table (-1.680) pada kelompok hasil belajar siswa yang sedang dan rendah, t hitung (-1.449) > t table (-1.667) pada kelompok hasil belajar siswa yang tinggi dan rendah dengan menggunakan taraf signifikansi 5 %. Jadi dapat disimpulkan bahwa tinggi, sedang dan rendahnya strategi belajar bahasa Inggris yang digunakan oleh mahasiswa tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap prestasi akademik mahasiswa.