Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah terdapatnya bermacam sikap mahasiswa terhadap teknik kerja kelompok dalam mata kuliah Translation for Specific Purposes. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap mahasiswa terhadap teknik kerja kelompok yang diterapkan oleh dosen mata kuliah Translation for Specific Purposes IAIN Batusangkar tahun akademik 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasinya adalah seluruh mahasiswa semester tujuh yang mengambil mata kuliah Translation for Specific Purposes tahun akademik 2015/2016 yang berjumlah 62 orang. Sampel dari penelitian ini diambil menggunakan teknik simple random sampling, dimana 54 orang menjadi sampel penelitian dan 8 orang untuk uji coba. Tapi, pada saat penelitian ada 7 orang yang tidak mengisi angket. Sehingga 47 orang yang dijadikan sampel untuk penelitian. Dalam pengumpulan data, instrumen yang digunakan adalah angket. Dari angket yang di uji cobakan didapat 11 item valid, 30 item revisi, and 19 item dibuang. Selanjutnya angket direvisi dan kemudian dibagikan kepada 47 orang sampel penelitian untuk mengumpulkan data. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan M, Excel.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap mahasiswa terhadap teknik kerja kelompok dalam mata kuliah Translation for Specific Purposes berada pada kategori positif dengan rata-rata 156.87. Jika dilihat dari masing- masing aspek sikap, sikap mahasiswa terhadap group work technique yang digunakan oleh dosen dalam mata kuliah Translation for Specific Purposes adalah sebagai berikut: pada aspek kognitif sikap mahasiswa adalah terletak pada kategori positif dengan rata-rata 76.68, pada aspek afektif sikap mahasiswa adalah terletak pada kategori positif dengan rata-rata 42.57, dan pada aspek behavior sikap mahasiswa adalah terletak pada kategori positif dengan rata-rata 34.61. Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa sikap mahasiswa terhadap teknik kerja kelompok yang diterapkan oleh dosen mata kuliahTranslation for Specific Purposes IAIN Batusangkar tahun akademik 2015/2016 adalah positif.