Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum terungkapnya strategi membaca yang digunakan oleh mahasiswa dalam memahami materi ajar Linguistic for ELT II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi membaca yang digunakan oleh mahasiswa dalam memahami materi ajar Linguistic for ELT II.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Instrumen kunci adalah peneliti sendiri. Untuk menjaring informasi tentang strategi membaca yang diterapkan mahasiswa dalam memahami materi ajar Linguistics for ELT II, peneliti melakukan wawancara tidak terstruktur. Dengan menggunakan teknik purposive sampling, 12 orang mahasiswa terpilih sebagai informan. Dalam menganalisis data, peneliti mengacu pada teori Miles dan Huberman (2011), dengan langkah-langkah; reduksi data, display data, dan verifikasi data. Untuk menguji keabsahan data, peneliti melakukan triangulasi data dengan cara melakukan pengecekan dengan wawancara pada waktu yang berbeda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tiga macam strategi membaca yang digunakan mahasiswa dalam memahami materi ajar Linguistics for ELT II yaitu: 1) pre reading: previewing dan questioning. 2) whilst reading: reading the selection text dan note taking. 3) post reading: summary dan review.