Abstract:
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah belum terungkapnya faktor-faktor yang mempengaruhi kecemasan mahasiswa Jurusan Tadris Bahasa Inggris IAIN Batusangkar dalam menyajikan makalah dalam bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi kecemasan mahasiswa dalam menyajikan makalah dalam bahasa Inggris.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Tadris Bahasa Inggris semester VII tahun akademik 2015/2016 yang mengalami kecemasan di dalam menyajikan makalah dalam bahasa Inggris yang berjumlah 15 orang yang diseleksi menggunakan tekhnik purposive sampling. Instrumen dari penelitian ini adalah peneliti sendiri dan menggunakan tekhnik wawancara. Untuk menguji keabsahan data, peneliti melakukan triangulasi waktu dengan membandingkan hasil wawancara pertama dengan hasil wawancara kedua. Selanjutnya untuk menganalisis data, peneliti menggunakan analisis dengan cara reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi data.
Berdasarkan analisis data, hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 13 faktor yang mempengaruhi mahasiswa Tadris Bahasa Inggris cemas dalam menyajikan makalah dalam bahasa Inggris. Faktor-faktor ini dibagi kedalam faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yaitu 1) kurangnya rasa percaya diri 2) cemas melakukan presentasi didepan umum 3) cemas jika penonton tidak mengerti dengan apa yang dijelaskan 4) kekurangan pronunciation, grammar dan vocabulary 5) kesulitan untuk memahami materi 6) takut melakukan kesalahan 7) kurang persiapan 8) cemas hilang konsep ketika presentasi 9) cemas tidak bisa melakukan presentasi dengan baik. Sedangkan faktor eksternal yaitu 1) takut dengan komentar dosen dan teman 2) cemas dengan pertanyaan-pertanyaan dari teman 3) cemas ditertawakan atau diejek oleh teman 4) cemas menjadi pusat perhatian.