Abstract:
SRIWAHYUNI ATI, NIM 1630105050, Judul Skripsi : “Analisis Kesalahan Translasi Matematis Siswa SMP N 2 Pariangan dalam Menyelesaikan Word Problem pada Pembelajaran Aljabar”. Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Word problem merupakan salah satu masalah matematika dalam materi aljabar. Dalam menyelesaikan word problem terdapat tiga tahapan yang harus di lakukan oleh siswa. Tahapan tersebut yaitu translasi, integrasi, dan solusi. Tahap translasi merupakan sesuatu yang penting bagi siswa. Jika siswa mengalami kesalahan dalam tahap translasi, maka tahap selanjutnya dalam menyelesaikan word problem yaitu tahap integrasi dan solusi juga berpotensi mengalami kesalahan. Masih banyak siswa yang belum benar dalam melakukan translasi matematis. Hal ini di sebabkan, karena siswa kurang mendapatkan perhatian mengenai permasalahan translasi matematis. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah kesalahan translasi matematis yang di lakukan siswa dalam menyelesaikan word problem. Tujuan pembahasan ini untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan yang di lakukan oleh siswa dalam menyelesaikan word problem pada tahap translasi. Dari hasil temuan penelitian ini dapat di simpulkan bahwa kesalahan translasi matematis yang di lakukan siswa dalam menyelesaikan word problem terdapat tiga jenis kesalahan, yaitu (1) kesalahan operasi merupakan kesalahan siswa dalam penggunaan operasi dasar matematika yang kurang tepat seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian, (2) kesalahan translasi word problem merupakan kesalahan yang di lakukan pada saat proses translasi dari representasi sumber ke representasi target mengalami kesalahan. (3) kesalahan simbol aljabar merupakan kesalahan dalam menuliskan simbol dan memahami makna variabel dalam pembelajaran aljabar.