Abstract:
KEPEMIMPINAN DAN MANAJEMEN KEPALA MADRASAH (STUDI KASUS: KEPALA MTSN SUNGAYANG BERPRESTASI TINGKAT NASIONAL
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan Kepemimpin yang harus mengelola sekolah dalam upaya menciptkan mutu pendidikan yang baik, dengan membuat program-program yang dapat meningkatkan mutu dan menjalankan perannya dengan baik. Rika Maria selaku Kepala MTsN Sungayang Kabupaten Tanah Datar, utusan dari Provinsi Sumatera Barat berhasil terpilih sebagai Juara III Kompetisi Kepala Madrasah Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2015.
Metode dalam Peneltian ini adalah kualitatif. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah kepala madrasah MTsN Sungayang Kabupaten Tanah Datar. Sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah Wakil Kepala, Kepala Bagian Tata Usaha, guru serta siswa MTsN Sungayang Kabupaten Tanah Datar, Metodologi penelitian ini adalah wawancara, observasi dan studi dokumentasi.
Temuan penelitian menunjukan bahwa Kepemimpinan dan manajemen Kepala Madrasah berprestasi tingkat nasional dalam membuat perencanaan di MTsN Sungayang Kabupaten Tanah Datar, yaitu dengan merencanakan program, Pelaksanaan muhadaroh di Madrasah, Membuat pengistilahan kosa kata yang mendidik, Pembiasaan shalat dhuha dan dzuhur berjamaah, Penilaian kebersihan lokal, Pembuatan mading Madrasah, Usaha Kesehatan Madrasah (UKS), Kegiatan perlombaan Olah Raga dan Seni, Kegiatan sosial dalam bentuk takziyah, menjenguk yang sakit, pengumpulan dana sosial. Kepemimpinan dan manajemen Kepala Madrasah dalam membuat pengorganisasian di MTsN Sungayang Kabupaten Tanah Datar, yaitu ntuk meningkatkan kualitas madrasah maka, Kepala Madrasah MTsN Sungayang membuat pengorganisasian yang meliputi organisasi kepemimpinan dan penanggung jawab setiap kegiatan. Kepemimpinan dan manajemen Kepala Madrasah dalam pelaksanaan di MTsN Sungayang Kabupaten Tanah Datar, yaitu hampir semua kegiatan yang direncakan dapat terlaksana dengan baik, walaupun terdapat kendala-kendalannya, dan itu semua dapat teratasi dengan efektif. Kepemimpinan dan manajemen Kepala Madrasah dalam membuat pengawasan di MTsN Sungayang Kabupaten Tanah Datar, yaitu dengan pengawasan yang dilakukan untuk melihat kelemahan-kelemahan serta program yang telah dilaksanakan guna menyempurkan pelaksanaan program untuk membentuk katrakter siswa. Evaluasi dilakukan dalam pemberian laporan yang dilakukan dan dibahas secara bersama-sama.