Abstract:
IMPLEMENTASI MANAJEMEN PERUBAHAN (STUDI KASUS PADA MAS PLUS BARULAK KECAMATAN TANJUNG BARU KABUPATEN TANAH DATAR
Latar belakang penelitian ini adalah adanya perubahan yang dilakukan di MAS Plus Barulak Kecamatan Tanjung Baru Kabupaten Tanah Datar mengarah ke arah yang positif yakni dari segi sarana dan prasarana, supervisi kelas, tata tertib siswa dan rencana anggaran pendapatan dan belajaran madrasah serta rencana kerja kepala madrasah. Tujuan penulisan tesis ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk perubahan di MAS Plus Barulak Kecamatan Tanjung Baru Kabupaten Tanah Datar dan untuk mendeskripsikan bentuk manajemen perubahan di MAS Plus Barulak Kecamatan Tanjung Baru Kabupaten Tanah Datar.
Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian lapangan (Studi Kasus). Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dibagi kepada dua bagian, yaitu sumber data primer, yaitu Kepala Sekolah. Sumber data sekunder adalah sebagai data pendukung yang terkait dengan penelitian ini, yaitu para guru, siswa dan masyarakat dan komponen yang peneliti anggap berhubungan dengan MAS Plus Barulak Kecamatan Tanjung Baru Kabupaten Tanah Datar. Teknik pengumpulan data mengunakan metode observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik menganalisis data menggunakan model Miles dan Huberman, teknik menjamin keabsahan data menggunakan triangulasi yaitu membandingkan data hasil observasi, wawancara dan dokumentasi.
Dari penelitian yang telah dilakukan, diperoleh data bahwa bentuk-bentuk perubahan yang dilakukan di MAS Plus Barulak telah dilaksanakan perubahan-perubahan yakni, sudah adanya sarana dan prasarana yang layak untuk suatu proses pendidikan yakni lokal yang cukup, perkarangan yang luas, adanya lapangan olah raga serta adanya toilet, adanya pengadaan prinjer print untuk absensi guru-guru dan pegawai tata usaha agar disiplin guru dan pegawai meningkat, terlaksananya supervisi kelas untuk mengetahui kesiapan guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar di kelas, terwujudnya tata tertib siswa yang ditanda tangani oleh peserta didik, wali murid, waka kurikulum dan kepala sekolah sehingga siswa disiplin, tertib, sopan dan santun, dengan disiplinnya guru dan pegawai serta siswa sehingga nilai matematika siswa pada UN 2014/2015 mencapai 97,5, terakreditasinya MAS Plus Barulak pada tahun 2014, adanya RAPBM/RKKM dengan tujuan madrasah memiliki program-program yang tersusun secara sistem matis dalam meningkatkan kualitas madrasah yang diminati oleh peserta didik dan masyarakat, Sehingga masa yang akan datang MAS Plus Barulak lebih maju.