Abstract:
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 1 BATUSANGKAR
Permasalahan dalam penelitian ini adalah SMAN 1 Batusangkar merupakan Sekolah Menegah Atas (SMA) yang cukup baik dalam melaksanakan pendidikan karakter kedisiplinan, baik kedisiplinan sekolah maupaun kedisiplinan dalam pembelajaran, dibandingkan Sekolah Menengah Atas (SMA) lainnya yang ada di Kabupaten Tanah Datar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasi pendidikan karakter disiplin dalam Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Batusangkar.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Sedangkan teknik menguji keabsahan data, penelitimenggunakan triangulasi.
Hasil temuan penelitian ditemukan data berupa temuan umum dan temuan khusus. Temuan umum penelitian ini berupa sejarah dan profil SMAN 1 Batusangkar. Sedangkan temuan khusus berupa Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin dalam Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Batusangkar. Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin tersebut pertama; dalam bentuk perencanaan pendidikan karakter disiplin yang terdiri dari tujuan, bahan pembelajaran dan metode pembelajaran. Kedua; dalam bentuk penerapan pendidikan karakter disiplin, yang terdiri dari penerapan karakter peserta didik dan penerapan karakter pendidik. Ketiga; dalam bentuk evaluasi pendidikan karakter disiplin, yang terdiri dari evaluasi pembelajaran dan feedback.