Abstract:
An Analysis of Video as Instructional Audio-Visual Media Used By Students in Micro Teaching Class (A Study of the Seventh Semester Students of English Department of STAIN Batusangkar Registered in 2014/2015 Academic Year)
Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum tergambarnya kualitas media pembelajaran audio visual (video) yang digunakan di kelas Microteaching tahun akademik 2014/2015. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas media pembelajaran audio visual (video) yang digunakan di kelas Microteaching tahun akademik 2014/2015.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan design content-analysis. Populasinya adalah media pembelajaran audio visual (video) yang digunakan di kelas Microteaching tahun akademik 2014/2015 yang berjumlah 25 video. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Berdasarkan teknik tersebut, di peroleh 21 video sebagai sampel. Sedangkan instrument yang digunakan untuk menganalisis data adalah lembaran survei deskriptif kriteria dan indikator video yang disarankan oleh Berk (2009) dan Edward Island Department of Education (2008).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas media pembelajaran audio visual (video) yang digunakan di kelas Microteaching tahun akademik 2014/2015 adalah berkualitas tinggi. Dari 21 video, terdapat 4 (19,05%) video memiliki kualitas tinggi, kemudian 12 (57,14%) video yang memiliki kualitas rata-rata, dan 5 (23,81%) video memiliki kualitas rendah