Abstract:
Masalah pokok dalam penelitian ini adalah dukungan sosial orang tua dan disiplin belajar siswa SMAN 2 Sungai Tarab. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah terdapat hubungan signifikan antara dukungan sosial orangtua dengan disiplin belajar siswa SMAN 2 Sungai Tarab.
Jenis penelitian ini termasuk kepada penelitian korelasional dengan metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI SMAN 2 Sungai tarab dengan sampel penelitian yang berjumlah 52 orang diambil dengan menggunakan teknik Cluster Sampling. Pengumpulan data peneliti lakukan dengan cara menyebarkan skala Likert. Hasil analisis data dengan menggunakan teknik korelasi product momen.
Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini sebagai berikut: (1) Dukungan sosial orang tua siswa SMAN 2 Sungai Tarab sebagian besar berada pada kategori tinggi, (2) Disiplin belajar siswa SMAN 2 Sungai Tarab sebagian besar berada pada kategori tinggi dan (3) Hasil analisis kolerasi Product Moment diketahui bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan sosial orang tua dengan disiplin belajar siswa SMAN 2 Sungai Tarab dengan rxy= 0,364