Abstract:
DIAN RAMADINI, REG. NO. 13 104 012, judul skripsi “Problems Faced by Students in Conducting Debate Activities in Speaking V Classroom (A Study of the Fifth Semester Students of English Department of IAIN Batusangkar Registered in 2017/2018 Academic Year)” Jurusan Tadris Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum terungkapnya masalah mahasiswa semester lima Jurusan Tadris Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar tahun akademik 2017/2018 dalam melakukan aktifitas debate di kelas Speaking V. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan masalah-masalah mahasiswa dalam melakukan aktifitas debate di kelas Speaking V. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester lima Jurusan Tadris Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar tahun akademik 2017/2018 sebanyak 28 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Instrumen kunci dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan interview melalui pedoman wawancara. Untuk menguji kebenaran data yang diperoleh dalam penelitian ini, peneliti melakukan wawancara yang mendalam terhadap informan yang berbeda. Data yang diperoleh dari lapangan dianalisis dengan berdasarkan kepada teori Miles and Huberman yaitu reduction of the data, data display, dan data verification and conclusion. Untuk Checking Trusworthiness peneliti menggunakan technique triangulation yaitu membandingkan hasil wawancara dengan informan yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masalah mahasiswa Bahasa Inggris dalam melakukan aktifitas debate di kelas Speaking V terdiri dari 21 masalah dalam melakukan persiapan dan penampilan: Pertama, masalah dalam melakukan persiapan terdiri dari kurangnya persiapan, sulit dalam mencari materi/bahan, kesulitan dalam manajemen waktu dalam persiapan sebelum debat, dan masalah dalam mengembangkan ide. Kedua, masalah dalam melakukan persentasi yaitu tidak bisa berkata-kata ketika tampil, sesekali menggunakan bahasa ibu, perasaan malu, kegelisahan/kekhawatiran, kurang percaya diri, kurang motivasi, mereka tidak bisa mengungkapkan gagasan/ide dan pendapat dengan memuaskan, kesulitan dalam kosa-kata. kesulitan dalam kemapuan berbicara bahasa Inggris, kesulitan dalam cara pengucapan bahasa Inggris, kesulitan dalam penguasaan tatabahasa, takut salah, kesulitan dalam menguasai materi, kurangnya pengalaman tentang debat, kesulitan dalam kemapuan mendengarkan apa yang di ungkapkan orang lain, kesulitan dalam mengelola waktu ketika tampil dan kurangnya pengetahuan tentang topik.