Abstract:
ABSTRAK DEVI RAFITA, NIM 13 232 020, Skripsi yang berjudul“ Indeks Kepuasan Masyarakat Dalam Pelayanan Puskesmas Kumanis” Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Jurusan Ekonomi Syariah Konsentrasi Manajemen Syariah Institut Agama Islam Negeri Batusangkar. Masalah dalam penelitian ini adalah sikap petugas administrasi yang kurang cepat tanggap dalam melayani pasien dan pelayanan perawat yang kurang peduli terhadap pasien serta kurangnya persediaan obat yang ada di Puskesmas Kumanis sehingga pasien membeli obat ketempat lain, dan dapat dilihat dari perbandingan rasio antara jumlah tenaga kerja dan pasien rata-rata 35-40 per hari yang dilayani oleh 2 orang dokter umum. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui indeks kepuasan masyarakat dalam pelayanan Puskesmas Kumanis. Dalam pengambilan sampel penulis menggunakan metode Simple Random Sampling yaitu pengambilan sampel secara acak sederhana. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Teknik yang dipakai dalam pengumpulan data penulisan skripsi ini adalah menggunakan kuesioner dan dokumentasi dengan memberikan seperangkat pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden untuk dijawabnya. Teknik analisis data yang penulis lakukan dalam penelitian ini yaitu berdasarkan KEPMENPAN No. 25 Tahun 2004. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah sebanyak 150 orang, dan sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah berupa profil Puskesmas Kumanis tahun 2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengukuran indeks kepuasan masyarakat secara keseluruhan menunjukkan hal positif dengan nilai indeks 2,84 dan nilai IKM sebesar 71 dengan mutu pelayanan B dan dikategorikan dalam kondisi yang baik. Hal ini dapat dilihat dari pelayanan yang diukur berdasarkan indikator yang telah ditentukan. Dari 14 indikator pelayanan yang telah diteliti terdapat indikator yang tertinggi yaitu Persyaratan Pelayanan dengan nilai 3,14 dan Kepastian Jadwal Pelayanan dengan nilai 3,08. Sedangkan yang terendah yaitu kecepatan pelayanan dengan nilai 2,36 dan prosedur pelayanan dengan nilai 2,52 serta kesopanan pelayanan dengan nilai 2,62.