Abstract:
ABSTRAK REDO VAMBUDY, NIM: 13 202 122, skripsi berjudul “UpayaMeningkatkanJumlahNasabahPembiayaanMurabahahMelaluiStrategiPemasaranpada BPRS Haji Miskin Pandai Sikek”. JurusanPerbankan Syariah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar 2018. Latar belakang masalah penelitian ini adalah melihat strategi pemasaran yang dilakukan BPRS Haji Miskin Pandai Sikek dalam upaya meningkatkan jumlah nasabah pembiayaan murabahah. Untuk itu fokus masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk strategi pemasaran (product, price, promotion, place) pembiayaan murabahah yang difokuskan oleh BPRS Haji Miskin Pandai Sikek dalam meningkatkan jumlah nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan BPRS Haji Miskin Pandai Sikek dalam upaya meningkatkan jumlah nasabah pembiayaan murabahah. Jenis penelitian yang penulis lakukan adalah deskriptif kualitatif yaitu penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan pada BPRS Haji MiskinPandai Sikek bahwa upaya dalam meningkatkan jumlah nasabah pembiayaan murabahah melalui strategi pemasaran adalah: Pertama, strategi pemasaran melaluip roduk, yang dilakukan adalah dengan menawarkan keunggulan-keunggulan dari produk pembiayaan murabahah kepada masyarakat untuk menarik minat masyarakat agar melakukan pembiayaan murabahah di BPRS Haji Miskin Pandai Sikek. Kedua, strategi pemasaran melalui harga, walaupun harga dinilai kalah bersaing dari lembaga keungan lain, BPRS Haji Miskin Pandai Sikek menawarkan proses yang cepat dan persyaratan yang mudah kepada nasabah. Ketiga, strategi pemasaran distribusi, dengan letak lokasi BPRS Haji Miskin Pandai Sikek yang strategis yang berada dipinggir jalan raya dan tidak jauh dari keramaian seperti pasar yang membuat masyaraka lebih mudah mengunjungi BPRS Haji Miskin Pandai Sikek, selain itu pihak bank juga memberikan pelayanan apabila nasabah tidak sempat datang ke bank, maka pihak bank langsung turun kelokasi nasabah untuk menjemput tagihan nasabah dengan dinamakan sistem jemput bola. Keempat, strategi pemasaran promosi, dengan datang langsung kerumah-rumah masyarakat dari satu rumah ke rumah lain (door to door)dan dari mulut kemulut. Selain itu bentuk promosi yang dilakukan adalah dengan periklanan dan penjualan pribadi. Hasil penelitian ini yaitu, BPRS Haji Miskin Pandai Sikek telah melakukan strategi pemasaran secara efektif, hal tersebut dibuktikan dengan kembali meningkatnya jumlahnasabah pada tahun 2015. Adapun kendala yang dihadapi BPRS Haji Miskin Pandai Sikek dalam memasarkan pembiayaan murabahah diantaranya adalah biaya transportasi apabila tempat membeli barang jauh dari lokasi kantor, kurangnya pemahaman nasabah tentang pembiayaan murabahah, kondisi ekonomi yang menurun, persaingan harga, kurangnya sosialisasi kepada masyarakat. Kata kunci: UpayaPeningkatandanStrategiPemasaran