Abstract:
ABSTRAK Ade Yulia, NIM 13 202 002, Judul SKRIPSI “ StrategiPeningkatanKinerjaKeuanganpada PT. BPR Syariah Al-MakmurdariSegiKualitas Asset“. Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Batusangkar 2017. Dalamskripsiini yang menjadipermasalahanadalahbagaimanastrategi yang dilakukanpada PT. BPR Syariah Al-Makmurdalammeningkatkan asset yang dilihatdarisegi NPF(Non Performance Financing)danpertumbuhanpembiayaan.Tujuan daripenelitian ini untuk menjelaskanstrategi yang dilakukanoleh PT. BPR Syariah Al-Makmurdalammeningkatkan asset yang dilihatdarisegi NPF(Non Performance Financing)danpertumbuhanpembiayaan. Metode yang penulisgunakandalampenelitianiniadalahmetodedeskriptifkualitatif.Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah melalui wawancaradan dokumentasi.Pengolahan data dilakukan secarakualititatifyang menggambarkan bagaiamanastrategi yang dilakukanpada PT. BPR Syariah Al-Makmurdalammeningkatkankinerjakeuangan yang dilihatdarisegikualitas asset yang dipaparkanmelaluikalimat yang efektif. Hasil penelitian penulis pada PT. BPR Syariah Al-Makmur menunjukkan bahwa strategi dilakukan untuk meningkatkan kinerja keuangan yang dilihat dari segi Asset yang terdiri dari yaitu NPF (Non Performance Financing)atau Pembiayaan bermasalah dan Pertumbuhan Pembiayaan, adalah dengan meminimalisir NPF (Non Performance Financing)atau pembiayaan bermasalah dengan lebih memperhatikan prinsip 5C dalam pemberian pembiayaan dan dilakukan oleh karyawan terpilih, sedangkan dari segi pertumbuhan pembiayaan strategi yang dilakukan adalah, PT. BPR Syariah Al-Makmurmeningkatkanpromosidalammemperkenalkanprodukpembiayaansehingganasabahtertarikmelakukanpembiayaansertameningkatkanprofesionalitaskerjadari bank itusendiri, seperti pihak bank melakukan promosi dengan cara membagikan brosur-bosur, spanduk-spanduk dan juga pada waktu tertentu pihak bank menurunkan tingkat margin. Jadi strategi yang dipakai dalam penelitian ini adalah strategi pemasaran yang dimana bertujuan untuk mewujudkan nilai dan kepuasan pelanggan dengan mendapatkan laba. Kata Kunci: Kinerja Keuangan dan Kualitas Asset