Perlihatkan publikasi sederhana
dc.contributor.author | SAFUTRA, ARIF | |
dc.date.accessioned | 2018-03-13T04:04:48Z | |
dc.date.available | 2018-03-13T04:04:48Z | |
dc.date.copyright | ||
dc.date.issued | 2017-11-15 | |
dc.identifier.isbn | 13108018 | |
dc.identifier.isbn | ||
dc.identifier.issn | 02.21700860 | |
dc.identifier.other | 02.21700860 | |
dc.identifier.uri | ||
dc.description.abstract | ARIF SAFUTRA. NIM, 13 108 018 Judul Skrpsi “PENGARUH PENDEKATAN COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY TERHADAP SELF CONFIDENCE KELAS X IPA DI SMAN I ENAM LINGKUNG”. Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Trarbiyah dan Ilmu Keguruan, IInstitut Agama Islam (IAIN) Batusangkar, Masalah pokok dalam penelitian ini adalah tentang rendahya self confidence siswa. Salah satu teknik untuk meningkatkan self confidence, melalui pendekatan cognitive behavior therapy. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat adakah terdapat pengaruh, pendekatan cognitive behavior therapy terhadap peningkatan self confidence, yang diharapkan efektif dalam meningkatkan self confidence siswa yang rendah.. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen, dengan model penelitian berupa pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA, yang terindentifikasi self confidence rendah. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1 untuk kelompok eksperimen 8 orang dan kelas X IPA 2 untuk kelompok kontrol 8 orang yang teridentifikasi self confidence rendah. Sebagai kelompok eksperimen dengan menggunakan dinamika kelompok diberikan perlakuan dan kontrol tidak. Kelompok eksperimen dan kontrol ditentukan melalui teknik purposive sampling. Hipotesis penelitian ini adalah “pendekatan cognitive behavior therapy berpengaruh signifikan untuk self confidence siswa”. Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan, diperoleh bahwa skor hasil posttest. Kelompok eksperimen meningkat dibandingkan hasil pretest, hal ini juga dapat dilihat pada hasil thitung lebih besar dari ttabel (thitung > ttabel). Hipotesis alternatif (H_0) diterima, hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan cognitive behavior therapy berpengaruh signifikan, untuk meningkatkan self confidence siswa di SMA NI Enam Lingkung pada taraf signifikansi 5 %. memastikan dengan uji g= gain. | |
dc.format | Computer File | |
dc.language | Indonesia | |
dc.publisher | IAIN Batusangkar | |
dc.title | PENGARUH PENDEKATAN COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY TERHADAP SELF CONFIDENCE SISWA KELAS X IPA DI SMAN I ENAM LINGKUNG | |
dc.type | Skripsi |