Publikasi IAIN Batusangkar

PENGARUH PENDEKATAN COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY TERHADAP SELF CONFIDENCE SISWA KELAS X IPA DI SMAN I ENAM LINGKUNG

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author SAFUTRA, ARIF
dc.date.accessioned 2018-03-13T04:04:48Z
dc.date.available 2018-03-13T04:04:48Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2017-11-15
dc.identifier.isbn 13108018
dc.identifier.isbn
dc.identifier.issn 02.21700860
dc.identifier.other 02.21700860
dc.identifier.uri
dc.description.abstract ARIF SAFUTRA. NIM, 13 108 018 Judul Skrpsi “PENGARUH PENDEKATAN COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY TERHADAP SELF CONFIDENCE KELAS X IPA DI SMAN I ENAM LINGKUNG”. Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Trarbiyah dan Ilmu Keguruan, IInstitut Agama Islam (IAIN) Batusangkar, Masalah pokok dalam penelitian ini adalah tentang rendahya self confidence siswa. Salah satu teknik untuk meningkatkan self confidence, melalui pendekatan cognitive behavior therapy. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat adakah terdapat pengaruh, pendekatan cognitive behavior therapy terhadap peningkatan self confidence, yang diharapkan efektif dalam meningkatkan self confidence siswa yang rendah.. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen, dengan model penelitian berupa pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA, yang terindentifikasi self confidence rendah. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1 untuk kelompok eksperimen 8 orang dan kelas X IPA 2 untuk kelompok kontrol 8 orang yang teridentifikasi self confidence rendah. Sebagai kelompok eksperimen dengan menggunakan dinamika kelompok diberikan perlakuan dan kontrol tidak. Kelompok eksperimen dan kontrol ditentukan melalui teknik purposive sampling. Hipotesis penelitian ini adalah “pendekatan cognitive behavior therapy berpengaruh signifikan untuk self confidence siswa”. Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan, diperoleh bahwa skor hasil posttest. Kelompok eksperimen meningkat dibandingkan hasil pretest, hal ini juga dapat dilihat pada hasil thitung lebih besar dari ttabel (thitung > ttabel). Hipotesis alternatif (H_0) diterima, hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan cognitive behavior therapy berpengaruh signifikan, untuk meningkatkan self confidence siswa di SMA NI Enam Lingkung pada taraf signifikansi 5 %. memastikan dengan uji g= gain.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.title PENGARUH PENDEKATAN COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY TERHADAP SELF CONFIDENCE SISWA KELAS X IPA DI SMAN I ENAM LINGKUNG
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku