Abstract:
Pokok permasalahan dalam SKRIPSI ini adalah kurang maksimalnya promosi yang dilakukan oleh CV. Tjahaja Baru Batusangkar dan adanya penjualan yang masih belum mencapai target di CV. Tjahaja Baru Batusangkar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh promosi terhadap peningkatan penjualan di CV. Tjahaja Baru Batusangkar.
Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian lapangan (field research). Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Untuk uji intrumen penelitian menggunakan uji validitas, uji reliabilitas. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah angket. Teknik analisis data yang digunakan penulis adalah uji analisis regresi linear sederhana, uji asumsi klasik, dan uji t. Populasi dalam penelitian ini konsumen CV. Tjahaja Baru Batusangkar yang diambil sebanyak 100 orang. Sampel dalam penelitian ini 50 orang yang berasal dari konsumen CV. Tjahaja Baru Batusangkar.
Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan semua item kuesioner valid yaitu diatas 0,30 dan reliabel yaitu promosi adalah 0,742 dan penjualan 0,830. Persamaan regresi yang didapatkan adalah Y = 7,029 + 0,632X. Hasil uji thitung adalah promosi = 7,389 dengan signifikansi sebesar 0,000. Hasil Koefisien Determinasi (R2) diperoleh korelasi sedang sebesar 53,2%.