Abstract:
Pokok permasalahan dalam SKRIPSI ini adalah tentang efektifkah metode proyek dalam meningkatkan kreativitas anak di TK Harapan Bangsa Pasar Baru Tanjung Barulak. Tujuan pembahasan ini untuk mengetahui efektifitas metode proyek dalam meningkatkan kreativitas anak usia 5-6 tahun pada Taman Kanak-Kanak Harapan Bangsa Pasar Baru Tanjung Barulak Kecamatan Batipuh.
Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Pre-Experimental. Jenis desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Experimental design dengan tipe one group pretest-posttest design karena pada desain ini diberikan pretest terlebih dahulu sebelum diberi treatment, sehingga dapat melihat efektif atau tidak efektif metode proyek dalam meningkatkan kreativitas anak.
Dari penelitian yang penulis lakukan dilapangan dapat disimpulkan bahwa kreativitas anak meningkat setelah dilakukan metode proyek. Hal ini dilihat dari tabel hasil penelitian masing-masing subjek penelitian bahwa dalam proses penerapan metode proyek terlihat adanya peningkatan kreativitas pada anak sebesar 25,78. Berdasarkan analisis perhitungan statistik melalui taraf signifikan 5% terlihat dari to lebih besar dari tt maka hipotesis alternatif (ha) diterima.Artinya, metode proyek efektif dalam meningkatkan kreativitas anak kelas B1 di TK Harapan Bangsa Pasar Baru Tanjung Barulak Kecamatan Batipuh.