Abstract:
Penelitian ini di latar belakangi kurangnya kemampuan membaca anak. Hal ini disebabkan anak kurang berminat apa bila mteri ini disampaikan berulang-ulang , anak merasa bosan dan tidak bisa memusatkan perhatiannya waktu guru menyampaikan materi ini. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan membaca anak di TK Negeri Lawang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek Penelitian adalah Kelompok B TK Negeri Lawang pada semester II Tahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah anak 15 orang dengan jumlah anak laki-laki 7 orang dan anak perempuan 8 orang.
Data tentang kemampuan anak dalam proses pembelajaran diperoleh dari lembaran observasi dan dokumentasi yang dianalisis melalui persentase penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, pelaksanaan kegiatan siklus I terdiri dari tiga kali pertemuan dan siklus II tiga kali pertemuan.
Berdasarkan hasil penelitian, pada kondisi awal nilai rata-rata kemampuan membaca anak pada aspek 1 berkembang sesuai harapan adalah 20%, aspek ke 2 dengan persentase 13%, aspek ke 3 dengan persentase 13%, aspek ke 4 dengan persentase 6%. pada siklus I nilai rata-rata kemampuan membaca anak pada aspek 1 berkembang sesuai harapan adalah 47%, aspek ke 2 dengan 60%, aspek ke 3 dengan persentase 47%, aspek ke 4 dengan persentase 53%.. pada siklus II nilai rata-rata kemampuan membaca anak pada aspek 1 berkembang sesuai harapan adalah 80%, aspek ke 2 dengan 80%, aspek ke 3 dengan persentase 73%, aspek ke 4 dengan persentase 80%.
Dari hasil penelitian bermain dengan menggunakan metode papan baca terbukti dapat meningkatkan kemampuan membaca anak melalui metode bermain papan baca di TK Negeri Lawang Kecamatan Matur.